PEMBINAAN BADAN PENASEHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) BAGI PASANGAN MARRIED BY ACCIDENT UNTUK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI TERHADAP BP4 KEC. GONDOKUSUMAN DAN BP4 KEC. DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA)

QODIR ILYASIN, NIM. 11350037 (2018) PEMBINAAN BADAN PENASEHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) BAGI PASANGAN MARRIED BY ACCIDENT UNTUK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI TERHADAP BP4 KEC. GONDOKUSUMAN DAN BP4 KEC. DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN BADAN PENASEHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) BAGI PASANGAN MARRIED BY ACCIDENT UNTUK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI TERHADAP BP4 KEC. GONDOKUSUMAN DAN BP4 KEC. DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA))
11120090_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN BADAN PENASEHATAN, PEMBINAAN DAN PELESTARIAN PERKAWINAN (BP4) BAGI PASANGAN MARRIED BY ACCIDENT UNTUK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI TERHADAP BP4 KEC. GONDOKUSUMAN DAN BP4 KEC. DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA))
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan pada umumnya dimulai dan diresmikan dengan akad perkawinan untuk membentuk keluarga. Secara hukum Islam hubungan antara laki-laki dan perempuan harus memperhatikan larangan-larangan dalam berhubungan untuk menjaga keturunan. Kasus Married By Accident adalah contoh bahwa hubungan tersebut terbentuk diluar perkawinan yang sah dan kemudian menjadi problema bagi masyarakat.BP4 sebagai badan yang bergerak dalam bidang penasehatan perkawinan mempunyai tanggung jawab untuk memberikan penasehatan dan pembinaan dalam rangka membentuk keluarga yang sakinah bagi pasangan pengantin. Yaitu keluarga yang sejahtera berdasarkan tuntunan agama Islam. Peran-peran yang dilakukan oleh BP4 dalam memberikan pembinaan teradap kasus Marrid By Accident menjadi ketertarikan bagi penyusun untuk meneliti seperti apa pembinaan BP4 bagi pasanganan Married By Accident untuk membentuk keluarga sakinah sebagaimana tujuan dari pekawinan itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian field research atau penelitian lapangan yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan. Meliputi observasi secara langsung dan wawancara kepada 2 responden yang merupakan ketua dari BP4 Kecamatan Gondokusuman dan BP4 Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta. Metode yang penyusun gunakan bersifat deskriptif-analitik, yang digunakan untuk memaparkan hasil pengamatan dan menganalisa pembinaan BP4 bagi pasangan Married By Accident untuk membentuk keluarga sakinah. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan pendekatan normatif. Yaitu pendekatan terhadap masalah yang diteliti berlandaskan pada asas-asas peraturan dan norma yang berlaku sebagai sumber utama. Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah bahwa kasus Married By Accident terjadi karena beberapa faktor yang antara lain adalah kurangnya pendidikan agama, akhlak, pergaulan bebas, kurangnya pengawasan orang tua, media yang berdampak negatif dan kurangnya pengetahuan kesehatan reproduksi. Dengan demikian BP4 memberikan pembinaan dengan menyadarkan pasangan ke arah pertaubatan. Sesuai ajaran agama Islam bahwa orang yang melakukan perbuatan dosa seperti zina harus bertaubat. Islam juga melarang perbuatan atau upaya untuk menghilangkan nyawa anak adam. Maka dengan BP4 memberikan penjelasan penjagaan keturunan hal tersebut adalah untuk melindungi keturunannya. Menasehati untuk saling melindungi sehingga menjadi keluarga yang sejahtera. Pembinaan yang dilakukan oleh BP4 tersebut merupakan upaya untuk menghilangkan kemuḍaratan yang mungkin akan terjadi. Hal ini sesuai dengan qâidah fiqhiyah aḍḍârâru yuzalu. Maka pembinaan tersebut diperbolehkan dan sesuai menurut pandangan hukum Islam. Dengan penasehatan tersebut, upaya-upaya yang dilakukan oleh BP4 menjadi sevisi dengan ajaran agama, yaitu membentuk keluarga sakinah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, MA
Uncontrolled Keywords: BP4, Perkawinan, Keluarga Sakinah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Feb 2019 13:46
Last Modified: 08 Feb 2019 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33002

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum