KURSUS CALON PENGANTIN DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS MAJELIS AGAMA ISLAM PATTANI SELATAN THAILAND)

MISS. MASUENAH VAEHAMA, NIM. 13350104 (2018) KURSUS CALON PENGANTIN DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS MAJELIS AGAMA ISLAM PATTANI SELATAN THAILAND). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KURSUS CALON PENGANTIN DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS MAJELIS AGAMA ISLAM PATTANI SELATAN THAILAND))
13350104_BAB I_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KURSUS CALON PENGANTIN DALAM MEMBENTUK KELUARGA SAKINAH (STUDI KASUS MAJELIS AGAMA ISLAM PATTANI SELATAN THAILAND))
13350104_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pergaulan hidup manusia diatur oleh berbagai macam moral atau norma. Hal ini pada hakikatnya bertujuan untuk menghasilkan kehidupan bersama yang tertib dan tenteram. Perkawinan menjadi salah satu siklus kehidupan yang dialami manusia di samping siklus kehidupan lainnya, yaitu kelahiran dan kematian. Kursus Pranikah ialah kursus yang berkaitan dengan perkawinan yang dianjurkan oleh Jabatan Agama atau pihak swasta yang mendapat kebenaran dan pengiktirafan daripada kerajaan dan juga Kursus Pranikah adalah pemberian bekal pengetahuan, pemahaman, keterampilan, dan penumbuhan kesadaran kepada remaja usia nikah tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga. Dalam mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah serta mengurangi angka perselisihan, perceraian, dan kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data-data yang dijadikan rujukan dari penelitian ini merupakan fakta-fakta yang ada di lapangan. Sifat penelitian menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan normatif-yuridis. Dalam metode ini, penyusun mencari data secara langsung ke Majelis Agama Islam (MAI) Wilayah Pattani Selatan Thailand. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah berupa wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Kemudian analisis data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Majelis Agama Islam Wilayah Pattani Selatan Thailand dan staf-staf lainya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui Kursus Pranikah Calon Pengantin Membentuk Keluarga Sakinah (Studi Kasus Majelis Agama Islam Pattani Selatan Thailand). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa hal, pertama pelaksanaan kursus calon pengantin sangat penting karena perkawinan menjadi salah satu siklus kehidupan yang dialami manusia di samping siklus kehidupan lainnya. Karena dari kursus calon pengantin akan membawa masyarakat aman dan baldah thoiyibah. Untuk menunjukkan ke arah bahagia tersebut, maka harus ikut langkah-langkah seperti yang sudah tersebut dalam Al-qur’an dan Sunnah Rasulullah SAW. Kedua Dampak positif kursus calon pengantin dalam waktu dua hari yaitu hari Sabtu dan Ahad (minggu) yaitu sudah cukup bagus karena dengan cara penyampaian materi sudah cukup faham dan sudah meliputi semua materi cara-cara bagaimana hidup berumah tangga. Untuk persiapan bagi calon suamiisteri supaya mewujudkan keluarga sakinah, mawadah, wa rahmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. MALIK IBRAHIM, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kursus, Calon Pengantin, Dalam Membentuk Keluarga Sakinah, (Studi Kasus Majelis Agama Islam, Pattani Selatan Thailand)
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 08 Feb 2019 15:03
Last Modified: 08 Feb 2019 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum