EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS RAHMAH UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI MTs NEGERI 5 BANTUL

Ruri Swandari Murti, S.Pd, NIM: 1420410016 (2018) EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS RAHMAH UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI MTs NEGERI 5 BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS RAHMAH UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI MTs NEGERI 5 BANTUL)
1420410016_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KONSELING REALITA BERBASIS RAHMAH UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA DI MTs NEGERI 5 BANTUL)
1420410016_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konseling Islami melalui teknik realita untuk mengatasi perilaku menyimpang pada siswa MTs Negeri Pundong Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah siswa di MTs Negeri Pundong Bantul. Penentuan subyek menggunakan metode random sampling diambil 20 siswa sebagai sampel yang kemudian dijadikan dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelompok beranggotakan 10 siswa. Tahap pelaksanaan penelitian ini menggunakan intervensi konseling pada subyek penelitian yang berperilaku menyimpang. Intervensi menggunakan konseling Islami melalui teknik realitas sehingga dapat diketahui efektivitasnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman konseling (modul), skala likert, observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling Islami melalui teknik realita efektif untuk mengatasi perilaku menyimpang pada siswa. Proses pelaksanaan Konseling Islami melalui teknik realita dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa MTs Negeri Pundong yakni menggunakan langkah-langkah konseling pada umumnya yaitu identifikasi masalah, konselor mengumpulkan data dari konseli, mendiagnosis dengan menetapkan masalah dan prognosis dengan menggunakan teknik realita. Keberhasilan pelaksanaan Konseling Islami melalui teknik realitas untuk mengatasi perilaku menyimpang di MTs Negeri Pundong dapat dilihat dari perubahan yang terjadi pada diri konseli, perilaku berbusana sopan, rapi, sesuai ketentuan dari sekolah daripada sebelumnya. Perilaku beribadah juga lebih baik dari pada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Konseling Islami, Teknik Realita, Perilaku Menyimpang
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Feb 2019 10:41
Last Modified: 09 Feb 2019 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33021

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum