KONSELING SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Dwi Susilawati, S.Pd, NIM :1420410039 (2018) KONSELING SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420410039_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSELING SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420410039_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (893kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar konseling sebaya sebagai upaya meningkatkan penyesuaian diri siswa Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam kehidupan sehari-hari, penyesuaian diri merupakan salah satu persyaratan penting bagi terciptanya kesehatan jiwa/mental individu. Para siswi di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta boarding school yang mengalami kesulitan penyesuaian diri menunjukkan gejala seperti sering menangis, ingin pulang, tidak masuk sekolah dengan alasan sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh konseling teman sebaya terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswi kelas VII Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Varibel dependen pada penelitian ini adalah kemampuan penyesuaian diri dan variabel independennya adalah perlakuan konseling teman sebaya. Sampel penelitian ini diambil dari siswa kelas VII yang berjumlah 20 siswi untuk kelompok eksperimen dan 20 siswi untuk kelompok kontrol. Pengukuran kemampuan penyesuaian diri dilakukan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan konseling teman sebaya pada kelompok eksperimen. Metode analisis yang digunakan adalah uji t sampel bebas (independent sample t test) yang mana sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan homogenitas varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan perbedaan signifikan dalam hal kemampuan penyesuaian diri antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebelum dilakukan perlakuan (pretest) yang diindikasikan oleh signifikansi p = 0,170 (> 0,05). Setelah diberikan perlakuan (posttest) konseling sebaya, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan nilai p = 0,013 (p < 0,05). Skor rerata saat pretest antara kelompok eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah adalah 2,708 berbanding 2,846. Setelah diberikan perlakuan, skor kelompok eksperimen meningkat 11,96% menjadi 3,032, sedangkan skor kelompok kontrol hanya meningkat 0,89% menjadi 2,871. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan konseling teman sebaya terbukti mampu memberikan peningkatan signifikan terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Musthofa,S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konseling Sebaya, Penyesuaian Diri, Madrasah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Feb 2019 11:06
Last Modified: 09 Feb 2019 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum