HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DAN KEPRIBADIAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X DI MA FATHUL HIDAYAH PANGEAN LAMONGAN

ISNA AINUN NAJIB, SPDI, NIM. 1420410138 (2018) HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DAN KEPRIBADIAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X DI MA FATHUL HIDAYAH PANGEAN LAMONGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DAN KEPRIBADIAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X DI MA FATHUL HIDAYAH PANGEAN LAMONGAN)
1420410138_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DAN KEPRIBADIAN SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X DI MA FATHUL HIDAYAH PANGEAN LAMONGAN)
1420410138_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa MA Fathul Hidayah Pangean Lamongan merupakan sekolah yang banyak menggunakan literatur Arab dalam pembelajarannya. sehingga bagi siswa belajar bahasa Arab sudah tidak asing lagi. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana tingkat religiusitas pada siswa, bagaimana tingkat kepribadian siswa, dan adakah hubungan antara tingkat religiusitas dan kepribadian siswa dengan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X MA Fathul Hidayah Pangean Lamongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang terdiri dari siswa kelas X MA Fathul Hidayah yang berjumlah sebanyak 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mendeskripsikan data dan menguji hipotesis dengan menggunakan persamaan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hubungan antara tingkat religiusitas dan motivasi belajar bahasa Arab siswa menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dan berbanding lurus dengan nilai signifikansi 0,619 0,01. 2) Hubungan antara kepribadian dan motivasi belajar bahasa Arab siswa memiliki tingkat kepercayaan korelasi sebesar 0,495 dengan nilai signifikansi 0,02 0,05 yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kedua variabel. 3) Korelasi tingkat religiusitas dan kepribadian siswa dengan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X MA Fathul Hidayah setelah dihitung menggunakan analisis korelasi melalui aplikasi SPSS 16.0 menunjukkan hubungan yang kuat dan berbanding lurus. Besarnya signifikansi 0,619 0,01, sehingga dapat disimpulkan hipotesis yang berbunyi : Ada hubungan positif yang signifikan antara tingkat religiusitas siswa dengan motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X MA Fathul Hidayah diterima dengan taraf signifiknasi 1%. Kemudian untuk besarnya signifikansi antara kepribadian siswa dan motivasi belajar bahasa Arab 0,02 0,05 juga menyatakan adanya hubungan positif keduanya dan diterima dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini mengandung arti bahwa tinggi rendahnya tingkat motivasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kepribadian, Motivasi Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 11 Feb 2019 08:54
Last Modified: 11 Feb 2019 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum