PERAN MADRASAH DINIYAH ZAHROTUL FATA DALAM PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI

Alfian Nasrullah, NIM. 11410089 (2018) PERAN MADRASAH DINIYAH ZAHROTUL FATA DALAM PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN MADRASAH DINIYAH ZAHROTUL FATA DALAM PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI)
11410089_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN MADRASAH DINIYAH ZAHROTUL FATA DALAM PENANAMAN KARAKTER RELIGIUS ANAK DI GIRILOYO, WUKIRSARI, IMOGIRI)
11410089_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus terhadap kemerosotan moral anak di masyarakat, terlihat dari realitasnya masih adanya anak yang ugal-ugalan di jalan, pengaruh teknologi yang negative, disamping itu masih sering terjadi siswa yang melanggar peraturan sekolah, seperti membolos pada jam pelajaran, perayaan kelulusan dengan konvoi dan coret-coret baju, dan berani terhadap gurunya. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi peran lembaga pendidikan untuk mengoptimalkan pendidikan karakter, khususnya lembaga pendidikan madrasah diniyah yang dekat dengan masyarakat dan masih dipercaya oleh masyarakat karena nilai-nilai Islam dalam masyarakat masih menjadi panutan. Berawal dari masalah tersebut, Madrasah Diniyah Zahrotul Fata Giriloyo Wukirsari Imogiri berperan aktif dalam menanamkan karakter religius anak. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan peran Madrasah Diniyah Zahrotul Fata dalam penanaman karakter religius anak di giriloyo wukirsari imogiri, dan mendeskripsikan strategi Madrasah Diniyah Zahrotul Fata dalam penanaman karakter religius anak di giriloyo wukirsari imogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Diniyah Zahrotul Fata Imogiri Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukan: Peran Madrasah Diniyah zahrotul fata dalam penanaman karakter religius anak di giriloyo wukirsari imogiri adalah sebagai peranan instrumental, keagamaan Islam, memobilisasi masyarakat, pembinaan mental dan keterampilan, . Strategi Madrasah Diniyah zahrotul fata dalam penanaman karakter religius anak di giriloyo wukirsari imogiri adalah penanaman sikap keteladanan, penanaman sikap pembiasaan, tahap penanaman adab 5-6 tahun, tahap penanaman tanggungjawab 8-9 tahun, tahap penanaman kepedulian 9- 11 tahun, tahap penanaman kemandirian 11-12 tahun, Moral knowing/learning to know, Moral loving/moral feeling, dan Moral doing/learning to do.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: peran madrasah, penanaman karakter religius, madrasah diniyah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 11:03
Last Modified: 12 Feb 2019 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum