PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Khanan Auladi, NIM. 11410146 (2018) PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
11410146_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
11410146_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya Madrasah Ibtidaiyah yang berada dalam satu naungan yayasan yang sama dengan pondok pesantren yang ada di daerah Yogyakarta telah lebih dulu menerapkan sistem full day school, bahkan sebelum pemerintah mewacanakan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2017 tentang hari sekolah. Hal ini menarik karena Madrasah Ibtidaiyah ini telah menerapkan sistem full day school semenjak 2015, sedangkan pemerintah baru mengeluarkan Permen No. 23 Tahun 2017 setelah 2 tahun Madrasah Ibtidaiyah ini didirikan. Artinya, Madrasah Ibtidaiyah ini saat menerapkan sistem full day school belum berpedoman dengan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan sistem full day school di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. (2) Mengetahui kelemahan dan kelebihan penerapan sistem full day school di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, kepala Tata Usaha Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, guru Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dan orangtua siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Teknik analisis data untuk mengetahui penerapan sistem full day school di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dan mengetahui kelemahan dan kelebihan penerapan sistem full day school di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan metode reduksi data, model data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penerapan sistem full day school di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sudah berjalan dengan cukup baik. Namun masih ada beberapa yang perlu ditingkatkan terutama dalam segi perencanaan karena fasilitas untuk menunjang kegiatan pembelajaran masih kurang lengkap. Semantara untuk pelaksanaannya sudah cukup baik namun masih ada kegiatan yang masih belum bisa dilaksanakan. Kelemahan dari penerapan sistem full day school di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta terletak pada fasilitas yang kurang lengkap dan hubungan antara sekolah dan orangtua yang kurang padu. Sementara untuk kelebihannya adalah biaya pendidikan yang terjangkau, program-program yang dimiliki bagus, memiliki sumber daya manusia yang bagus, serta memiliki nilai religi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Sistem, Full Day School
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 13:55
Last Modified: 12 Feb 2019 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33107

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum