METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NAḤL AYAT 125 DAN SURAT AL-AḤZĀB AYAT 21 (Studi Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab)

AHMAD WICAKSONO, NIM. 11410153 (2018) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NAḤL AYAT 125 DAN SURAT AL-AḤZĀB AYAT 21 (Studi Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NAḤL AYAT 125 DAN SURAT AL-AḤZĀB AYAT 21 (Studi Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab))
11410153_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN SURAT AN-NAḤL AYAT 125 DAN SURAT AL-AḤZĀB AYAT 21 (Studi Tafsir Al Misbah Karya M. Quraish Shihab))
11410153_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia mengalami krisis keteladanan, banyaknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh sejumlah oknum pendidik, seperti kasus-kasus kekerasan yang dilakukan oleh oknum guru seperti adanya penerapan hukuman yang melampaui batas diluar batas kemanusiaan, dan juga contoh buruk lainnya yang mencoreng wajah dunia pendidikan saat ini. Apa yang dilakukan oleh oknum-oknum guru tersebut sangatlah jauh dari cerminan keteladanan yang semestinya. Hal semacam ini merupakan adanya kesalahan dalam penerapan metode pendidikan yang tidak benar. Guru seharusnya menggunakan metode untuk membina peserta didik bukannya menyiksa peserta didik dengan hukuman-hukuman yang tidak wajar. Al-Qur’an surat an-Naḥl ayat 125 dan al-Aḥzāb ayat 21 merupakan ayat Alquran yang menjelaskan tentang nasehat dan keteladanan yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji lebih dalam mengenai metode pendidikan pada ayat-ayat tersebut yang nantinya diharapkan dapat menambah referensi keilmuan khususnya dalam metode pendidikan yang terkait nasehat dan keteladanan sorang pendidik. Adapun pemilihan tafsir al Misbah dikarenakan penulis tafsir ini yakni M. Quraish Shihab merupakan mufassir kontemporer Indonesia yang mana corak penafsirannya bercorak budaya kemasyarakatan. sehingga relevan untuk dikaji dalam memecahkan berbagai problem pendidikan di negeri ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan metode analisis isi (content analizing). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode-metode pendidikan dalam surat An-Naḥl ayat 125 dan Al-Aḥzāb ayat 21 menurut tafsir Al Misbah ialah; keteladanan, mendidik melalui kisah-kisah Qurani dan nabawi, mendidik melalui targhib dan tarhib, metode ceramah, hikmah (perkataan yang bijak), mauidzah hasanah (nasehat yang baik), dan mujadalah (debat). Relevansi metodemetode tersebut terhadap PAI ialah bahwa meteode-metode itu sudah relevan dengan kurikulum saat ini dimana metode pendidikan tersebut menunjang dalam pembentukan kepribadian dan profesionalitas guru dalam mengajar. Juga dalam menerapkan metode-metode tersebut haruslah disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing peserta didik. Dan bagi guru hendaknya mempunyai suri tauladan yang baik agar dalam melaksanakan aktifitas pendidikan dapat efektif dan dapat mengena kedalam hati peserta didik sehingga membantu pembentukan akhlak mulia peserta didik karena akhlak adalah jiwa pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan, Al-Qur'an, Tafsir Al Misbah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Feb 2019 14:05
Last Modified: 12 Feb 2019 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum