IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP DAN MTS LINGKUP KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG

Anwar Hidayat, NIM. 11411025 (2018) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP DAN MTS LINGKUP KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP DAN MTS LINGKUP KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG)
11411025_BAB-I__IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMP DAN MTS LINGKUP KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG)
11411025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya kompetensi pedagogik yang harus dikuasai oleh seorang guru.namun demikian dengan adanya pergantian kurikulum, pembaharuan format RPP yang begitu cepat, kurangnya sosialisasi, banyaknya tuntutan normatif, adaptif dan administratif yang sangat menyita banyak waktu seorang guru dan model pembelajaran dan penilaian yang sangat banyak menjadi beban tersendiri bagi guru. Terlebih bagi guru PAI yang juga harus menekankan KI 1 dan KI 2, tentu hal ini menjadi tugas yang tidak mudah. Untuk mengetahui kemampuan guru PAI tersebut kemudian meneliti guru PAI di SMP Negeri 1 Dukun, MTs Muhamadiyah Dukun, dan MTs Aswaja Dukun. Sekolah tersebut kiranya bisa merepresentasikan kemampuan Kompetensi Pedagogik guru PAI di Kec. Dukun tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Dukun, MTs Muhamadiyah Dukun, dan MTs Aswaja Dukun. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal pokok, memahami data yang disajikan dan dari memahami data itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan penggabungan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan guru PAI dalam merencanakan pembelajaran sudah baik, terbukti dengan (a) setiap guru mempunyai RPP yang disusun berdasarkan KD atau sub tema untuk mencapai tujuan pembelajaran, meskipun format yang digunakan ada perbedaan karena berbeda referensi, (b) perencanaan pembelajaran juga disesuaikan dengan karakteristik siswa untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat. (2) kemampuan guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran sudah baik, terbukti dengan (a) proses pembelajaran secara garis besar sudah seperti RPP, (b) pembelajaran sudah menggunakan format pembelajaran Kurikulum 2013 yaitu dengan 5M, penilaian otentik dan metode Active Learning. (3) kemampuan guru PAI dalam mengevaluasi pembelajaran sudah baik, terbukti dengan (a) guru menggunakan soal evaluasi yang sesuai dengan KD yang dipelajari, (b) nilai hasil evaluasi dimasukkan dalam aplikasi rapor format .xls sehingga memunculkan hasil penilaian yang otentik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Tasman, M.A.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kompetensi, Pedagogik, RPP
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:34
Last Modified: 13 Feb 2019 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum