MODEL PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM SISWA PONDOK PESANTREN MADINAH LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME

Kholid Akhmad Muzakki, NIM: 1620410029 (2018) MODEL PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM SISWA PONDOK PESANTREN MADINAH LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM SISWA PONDOK PESANTREN MADINAH LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME)
1620410029_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN MAHĀRAH KALĀM SISWA PONDOK PESANTREN MADINAH LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME)
1620410029_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Model pembelajaran mahārah kalām merupakan bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran, guna mencapai tujuan pembelajaran mahārah kalām, Zakiah Daradjat memuji model pembelajaran dan pendidikan di Pesantren Gontor dan pesantren-pesantren yang didirikan oleh alumni Gontor karena telah sejak lama berhasil membawa para santri mahir berbahasa Arab dan Inggris. Sedangkan kondisi seperti itu menurutnya belum bisa diwujudkan di Madrasah. Namun berdasarkan data observasi menunjukan bahwa kompetensi siswa terhadap mahārah kalām belum tercapai sehigga peneliti tertarik mengkaji tentang model pembelajaran mahārah kalām di Pondok Pesantren Madinah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimna model pembelajaran mahārah kalām di Pondok Pesantren Madinah prespektif konstruktivisme, 2) apa saja upaya guru dalam mendukung model pembelajaran mahārah kalām di Pondok Pesantren Madinah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis prespektif konstruktivisme, dengan fokus kajian yaitu model pembelajaran mahārah kalām di Pondok Pesantren Madinah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran mahārah kalām di Pondok Pesantren Madinah meliputi model pembelajaran kontekstual yang berupa kegiatan komunikasi sehari-hari menggunakan bahasa arab, model pembelajaran quantum berupa kegiatan belajar mandiri dan mengajar pelajaran ekstra, model pembelajaran kooperatif berupa kegiatan pemberian kosakata pagi, muhadatsah dan pidato berbahasa arab dan model pembelajaran berbasis masalah berupa kegiatan diskusi berbahasa arab. Yang mana model pembelajaran tersebut sudah memenuhi ciri-ciri konstruktivisme yang berupa orientasi, elisitasi, rekonstruksi ide dan review. 2) upaya guru dalam mendukung model pembelajaran di Pondok Pesantren Madinah yaitu dengan mewajibkan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari, membentuk mahkamah bahasa, dan strategi penciptaan lingkungan bahasa seperti sumber daya manusia, lingkungan psikologis, lingkungan bicara, lingkungan pandang, lingkungan dengar, lingkungan pandang dengar, penyelenggaraan pekan arabi, yang berdampak pada pembentukan budaya, suasana, motivasi, dan kontekstual dalam pembelajaran bahasa arab, khususnya mahārah kalām. Kata kunci: model pembelajaran, mahārah kalām,konstruktivisme

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, mahārah kalām,konstruktivisme
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 May 2019 14:32
Last Modified: 22 May 2019 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum