PERSEPSI MASYARAKAT SANTRI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus di Dusun Ngaglik Kelurahan Ngargosuko Kaliangkrik Kabupaten Magelang)

UMY USWATUN CHASANAH, NIM. 11411026 (2018) PERSEPSI MASYARAKAT SANTRI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus di Dusun Ngaglik Kelurahan Ngargosuko Kaliangkrik Kabupaten Magelang). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI MASYARAKAT SANTRI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus di Dusun Ngaglik Kelurahan Ngargosuko Kaliangkrik Kabupaten Magelang))
11411026_BAB I, IV DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI MASYARAKAT SANTRI TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH FORMAL (Studi Kasus di Dusun Ngaglik Kelurahan Ngargosuko Kaliangkrik Kabupaten Magelang))
11411026_BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah tentang persepsi masyarakat santri terhadap pendidikan agama Islam di sekolah formal yang terjadi pada dusun Ngaglik Ngargosuko Kaliangkrik, Magelang. Pada penelitian ini terdapat beberapa pendapat orang tua tentang penting tidaknya pendidikan formal itu sendiri dibanding pendidikan agama non-formal. Kurangnya kesadaran para orangtua akan pentingnya pendidikan sekolah menyebabkan tingginya angka putus sekolah. Mereka beranggapan pendidikan agama adalah pendidikan yang paling penting untuk anak-anaknya di atas pendidikan umum, sehingga orangtua lebih cenderung memasukkan anaknya pada pendidikan pesantren. Mereka berasumsi kalau pendidikan agama di pesantren lebih komplek daripada pendidikan agama yang didapat pada sekolah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana persepsi masyarakat terhadap pendidikan agama Islam di sekolah formal, dan faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap pendidikan agama Islam dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Adapun tehnik pengolahan data yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan memberikan gambaran, menjelaskan, dan menafsirkan data yang diperoleh dengan logika berfikir. Subjek penelitian di sini adalah warga Dusun Ngaglik Ngargosuko, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kyai, perangkat desa dan orang tua yang mempunyai anak masih duduk di bangku sekolah. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat santri terhadap pendidikan agama Islam di sekolah formal bahwa pendidikan Islam sangatlah penting dan sangat beperan dalam membentuk kepribadian anak yang Islami serta menambah pengetahuan mengenai ajaran Islam. 2) Sebagian besar masyarakat dusun Ngaglik, khususnya para orang tua yang masih memiliki anak usia sekolah beranggapan bahwa pendidikan agama Islam lebih penting daripada pendidikan formal dan menganggap pendidikan agama di pesantren lebih banyak dan lebih mendalam ketimbang pendidikan agama yang hanya diberikan pada pendidikan formal seperti di sekolah. 3)Faktor yang mempengaruhi persepsi mereka adalah faktor pengetahuan, latar belakang pendidikan, pengalaman, factor ekonomi, lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad
Uncontrolled Keywords: Masyarakat santri, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 09:44
Last Modified: 13 Feb 2019 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum