PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA

ITIK DWI JAYANTI IM, NIM. 1420411151 (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA)
1420411151_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA)
1420411151_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Yogyakarta, 2018. Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didik untuk menjadi manusia yang cerdas semata, tetapi membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. Problemnya, pendidikan di sisi lain dinilai kurang berhasil dalam membangun kepribadian peserta didik agar berakhlak mulia. Pelaksanaan pendidikan yang kurang seimbang, hanya akan memunculkan banyak perilaku buruk dan calon-calon pelaku buruk, jika tidak ditanggulangi. Sehingga pendidikan membutuhkan solusi agar capaian lulusan (siswa) dapat melahirkan generasi sesuai harapan. Itulah mengapa pendidikan karakter perlu diupayakan. Program pengembangan diri siswa di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta menjadi salah satu contoh solusi agar anak didik generasi bangsa nantinya terselamatkan. Dimana disana ada bentuk, metode dan strategi yang sarat akan solusi untuk diterapkan pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data karena pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik melalui pengembangan diri yang ada. Hasil menunjukkan bahwa: 1). Bentuk-bentuk pengembangan diri siswa SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta terkait penanaman nilai-nilai karakter kepada siswa adalah Bimbingan Konseling (BK), Ekstrakurikuler dengan empat macam a. Kewiraan: Hizbul Wathan, b. Olahraga: Tapak Suci, dan Sepak Bola, c. Seni: Drum Band, Seni tari, dan Seni Baca Al Qur‟an, d. Ilmiah: Robotika, Sains Club, dan Komputer. “Kegiatan Pembiasaan” yang dilakukan secara rutin: shalat berjamaah (fardhu dhuhur dan asar) dan sunnah dhuha, spontan: senyum, salam, sapa dan jabat tangan, membiasakan: permisi, terima kasih, dan maaf. dan pengkondisian, keteladanan: keteladanan dari guru yaitu datang tepat waktu (ontime), Berpakaian Rapi, Sopan, Sederhana, rasa Terima Kasih, dan terprogram: Pesantren Ramadhan, Idul Adha, Mabit, Outbond, Outdoor Learning School.2) Nilai-nilai yang berhasil ditanamkan kepada peserta didik diantaranya Religius, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokrasi, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat/ Komunikatif, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. 3). Faktor pendukung: kurikulum sekolah, peran guru, keteladanan guru, pera orang tua, ekstrakurikuler, semangat dari dalam siswa, lingkungan sekolah yang mendukung. Faktor penghambat: adalah kondisi siswa yang moody, kebiasaan buruk dibawa ke sekolah, kebiasaan lupa, kurangnya menghargai waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Pengembangan Diri
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2019 11:01
Last Modified: 13 Feb 2019 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum