PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAGI PESERTA DIDIK DISLEKSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI SMP NEGERI SATU SATAP BUNGBULANG GARUT

DARA SUDIRAHARJA, NIM. 1420411174 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAGI PESERTA DIDIK DISLEKSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI SMP NEGERI SATU SATAP BUNGBULANG GARUT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAGI PESERTA DIDIK DISLEKSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI SMP NEGERI SATU SATAP BUNGBULANG GARUT)
1420411174_BAB I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BAGI PESERTA DIDIK DISLEKSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQURAN DI SMP NEGERI SATU SATAP BUNGBULANG GARUT)
1420411174_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) pengembangan media flash card dengan model Borg and Gall, (2) kelayakan media flash card yang dikembangkan, (3) peningkatan kemampuan membaca Alquran anak disleksia setelah menggunakan media flash card. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: analisis produk yang akan dikembangkan (analisis kebutuhan), pengembangan produk awal, validasi dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, uji coba lapangan skala besar dan memperoleh produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi flash card, angket, lembar observasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengembangan media flash card menggunakan model Barg and Gall yaitu melalui analisis kebutuhan, mengumpulkan data, mengembangkan produk, uji coba awal dari ahli materi dan ahli media dan revisi, uji coba terbatas dan revisi, uji peningkatan kemampuan membaca Alquran peserta didik disleksia. (2) media flash card yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran membaca Alquran untuk anak disleksia sesuai dengan masukan dari validator dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 83 (sangat layak), ahli media 92 (sangat layak), uji coba terbatas 80 (sangat baik), sehingga diperoleh rerata 85 (sangat layak). (3) Media flash card dapat meningkatkan keterampilan membaca Alquran bagi anak kesulitan belajar spesifik tipe disleksia. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil kemampuan membaca tahap intervensi dan baseline 2. Pada baseline 1 diperoleh rerata kemampuan membaca Alquran 75,2%, intervensi diperoleh rerata kemampuan membaca Alquran 88,9%, Baseline 2 sebesar 99,3% (produk terlampir).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: flash card, disleksia, kemampuan membaca
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 13 Feb 2019 14:02
Last Modified: 13 Feb 2019 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33141

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum