INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

AMINUL QODAT, NIM. 1620410040 (2018) INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1620410040_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM SISTEM PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
1620410040_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research is motivated by misunderstanding in the attitude of pluralism that still leaves many problems. So students often gain Knowledge about religion which is based on exclusivism, Consequently the seeds of conflict continue to be embedded in religious experience and cognition of religion which is believed by students, in turn often become trigger of violence over The name of religion. Pesantren which is included in the national education system is an Islamic educational institution, which has a task to transform and integrate the values humanist, democratic, peaceful and tolerant in the life of santri in pesantren. The phenomenon makes the researcher to study how the integration of multicultural values in the education system of Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. The type of this research is descriptive qualitative. The data sources used in this study include documents and information extraction, While technique of data collecting through observation, interview, Documentation. Data analysis techniques with data reduction up to conclusion. The results of the research concluded that: Integration of Multicultural Values in Education System Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Through the aspects, Curriculum Planning Education Madrasah Diniyah, Learning activities, examples of Educators, and Evaluation Education. Although there is no material and field Special studies related to Multicultural in pesantren, but Multicultural Values have been integrated in various forms of daily activities both in the context of the pesantren environment and outside the pesantren, in the form of an unwritten curriculum or hidden curriculum. With found the existence of Humanist Democracy Value in the Pesantren Program, the Value of Justice in the Regulation, Equality Value in the Placement of students, and the Value of Togetherness, Tolerance and Value of Peace in the culture of Santri. So Multicultural Value is considered a form of respect for diversity and recognition pedagogical equilibrium a person who has the same right to obtain educational services, regardless of ethnicity, social status, language and type of education level. Keywords: Multicultural Values and Education System. [INDONESIA] Penelitian ini dilatarbelakangi, kesalahpahaman dalam penyikapan terhadap kemajemukan yang masih banyak menyisakan beragam persoalan. Sehingga siswa sering memperoleh pengetahuan tentang agama yang berbasis eksklusivisme, Akibatnya benih-benih konflik terus tertanam dalam pengalaman beragama dan kognisi agama yang diyakini siswa, pada gilirannya sering menjadi pemicu violence atasnama agama. Pesantren yang termasuk dalam sistem pendidikan nasional merupakan lembaga pendidikan Islam, untuk mentransformasi dan mengintegrasikan niai-nilai humanis, demokratis, kedamaian, dan toleran dalam kehidupan santri di pesantren. Terlebih lagi nilai-nilai tersebut sebagai bekal dalam kehidupan yang beragam, juga untuk meminimalisir terjadinya konflik sosial sebagai akibat ketidak pahaman terhadap kemajemukan dan keberagaman dimasyarakat. Fenomena tersebut membuat peneliti untuk mengkaji bagaimana integrasi nilai-nilai multikultural dalam sistem pendidikan pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumen dan penggalian Informasi. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi wawancara, Teknik analisis data dengan reduksi data sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Integrasi Nilai-Nilai Multikultural dalam Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Dilakukan melalui aspek, perencanaan kurikulum pendidikan madrasah diniyah, kegiatan pembelajaran, teladan dari pendidik, serta evaluasi pendidikan. Walaupun tidak terdapat materi dan bidang studi khusus terkait dengan Multikultural di pesantren. Namun, Nilai-nilai Multikultural telah terintegrasi dalam berbagai bentuk aktivitas kesehariannya baik dalam konteks dilingkungan pesantren maupun diluar pesantren, dalam bentuk kurikulum tidak tertulis atau hidden curriculum. Dengan ditemukanya adanya nilai demokrasi humanis dalam program pesantren, nilai keadilan dalam peraturan, nilai kesetaraan dalam penempatan santri, serta nilai kebersamaan, toleransi dan nilai damai dalam budaya santri. Sehingga Nilai Multikultural tersebut dianggap sebagai bentuk penghormatan terhadap keragaman dan pengakuan kesederajatan pedagogis terhadapa semua orang yang memiliki hak yang sama untuk memperoleh pelayanan pendidikan, apapun etnik, status sosial, bahasa dan jenis tingkatan pendidikannya. Kata Kunci: Nilai-nilai Multikultural dan Sistem Pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tasman Hamami, M.A.
Uncontrolled Keywords: Multicultural Values and Education System, Nilai-nilai Multikultural dan Sistem Pendidikan.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 May 2019 08:17
Last Modified: 06 May 2019 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum