KONSEP TA’ẒIMUL ILMI WA AHLIHI MENURUT SYEKH AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK

MUHAMMAD FARUQ AMNA, NIM. 13410227 (2018) KONSEP TA’ẒIMUL ILMI WA AHLIHI MENURUT SYEKH AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP TA’ẒIMUL ILMI WA AHLIHI MENURUT SYEKH AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK)
13410227_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP TA’ẒIMUL ILMI WA AHLIHI MENURUT SYEKH AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA’LIM AL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK)
13410227_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses transfer ilmu dalam pembelajaran yang tidak bisa lepas dari aspek pendidikan akhlak. Sementara melihat perkembangan tekhnologi dalam era globalisasi saat ini, nilai akhlak dalam dunia pendidikan seolah mulai terkikis. Lembaga pendidikan formal maupun non-formal mulai mengesampingkan pendidikan akhlak, terlebih yang berasal dari kitab-kitab karangan para ulama terdahulu. Untuk itu konsep pendidikan akhlak dalam kitab klasik karya salafu sholih kiranya bisa dikaji ulang dan dimasukan dalam kurikulum pendidikan akhlak, sekiranya nilai yng dimasukkan memiliki relevansi dengan kurikulum buatan pemerintah. Penelitian ini memberikan saran berupa konsep Ta’ᶎimul ‘ilmi wa Ahlihi yang ada dalam kitab Ta’lim al Muta’allim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi serta analisis data menggunakan metode analisis isi (content analizing) Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep ta’ᶎimul ilmi wa ahlihi menurut Syekh Az Zarnuji yang ada di dalam kitab Ta’lim al Muta’allim terbagi atas dua, yaitu ta’ᶎim terhadap ilmu dan ta’ᶎim kepada orang yang memiliki ilmu. 2) Terdapat relevansi atau keterkaitan antara konsep ta’ᶎimul ilmi wa ahlihi yang ada dalam kitab Ta’lim al Muta’allim terhadap nilai Pendidikan Akhlak. Nilai pendidikan akhlak menurut Menururt Milan Rianto dibagi menjadi tiga, yaitu nilai pendidikan akhlak kepada Tuhan, kepada sesama manusia, dan kepada lingkungan. Nilai pendidikan akhlak kepada Tuhan relevan dengan konsep ta’ᶎimul ilmi wa ahlihi berupa sikap tawakal dalam kitab Ta’lim al Muta’allim.Nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia relevan dengan konsep ta’ᶎimulilmi wa ahlihi berupa sikap ta’ᶎim, baik itu kepada orang tua terlebih lagi kepada guru. Nilai pendidikan akhlak kepada lingkungan relevan dengan konsep ta’ᶎimul ilmi wa ahlihi berupa akhlak yang baik dalam bermasyarakat bagi manusia selaku makhluk sosial dan memelihara lingkungan karena manusia diciptakan menjadi khalifah yang menjaga bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A
Uncontrolled Keywords: konsep ta’ᶎim, ta’lim al muta’allim, pendidikan akhlak
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 13 Feb 2019 15:07
Last Modified: 13 Feb 2019 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum