NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN TAHSIN AL-QUR’AN DAN SALAT DHUHA BERJAMA’AH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA

MISS. KAMILAH SONGTAYA, NIM. 13410245 (2018) NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN TAHSIN AL-QUR’AN DAN SALAT DHUHA BERJAMA’AH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN TAHSIN AL-QUR’AN DAN SALAT DHUHA BERJAMA’AH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA)
13410245_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KARAKTER DALAM KEGIATAN TAHSIN AL-QUR’AN DAN SALAT DHUHA BERJAMA’AH PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH BANTUL YOGYAKARTA)
13410245_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan agama yang diajarkan di sekolah didalamnya memuat pendidikan karakter kelihatannya belum berhasil. Dilihat dari esensinya, kurikulum pendidikan agama tampaknya lebih mengajarkan pada normalitas agama, dilihat dari metode pendidikan yang disampaikan dikonsentrasikan atau terpusat pada pendekatan kognitif. SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta merupakan sekolah yang berciri khas Islam dengan program kegiatan keagamaan untuk menanamkan pendidikan karakter dan melatih keagamaan peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses, strategi penanaman karakter serta nilai-nilai karakter yang terkandung dalam kegiatan Tahsin Al-Qur'an dan Salat Dhuha berjama'ah peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tentang studi kasus pada SMA uhammadiyah Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan simpulan. adapun yang menjadi narasumber adalah wakil Kepala SMA dan guru ISMUBA (Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dan peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Kegiatan Tahsin Al-Qur’an dan Salat Dhuha berjama'ah Kelas X di SMA Muhamadiyah Bantul Yogyakarta merupakan kegiatan rutin setiap jam pelajaran ISMUBA (Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) kegiatan Tahsin Al-Qur'an diawasi oleh guru mata pelajaran ISMUBA pada jam pelaran ISMUBA (Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab). Sedangkan peserta didik yang terjadwal melaksanakan kegiatan Salat Dhuha berjama'ah, langsung mempersiapkan diri berwudhu. Peserta didk melaksanakan Salat Dhuha berjama'ah di Masjid SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Salat Dhuha berjama'ah dipimpin oleh guru dan peserta didik leki-laki secara bergantian, nilai-nilai karater yang tertanam pada kegiatan Tahsin Al-Qur'an dan Salat Dhuha berjama'ah peserta didik kelas X di SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta. Meliputi 7 nilai karakter yaitu: Nilai Religius, disiplin, kerja keras, Tanggung Jawab, Gemar Membaca, Peduli terhadap Sosial dan Lingkungan. Strategi penanaman nilai-nilai karater dalam Kegiatan Tahsin Al-Qur'an peserta didik kelas X ini dengan cara guru menyimak murid atau murid yang fasih bacanya atau dengan cara tadarus bersama-sama sesuai dengan guru pengampu masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof, Dr. H. Maragustam S., M.A
Uncontrolled Keywords: Nilai-niali Karakter, Tahsin Al-Qur'an, Salat Dhuha Berjama'ah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 08:51
Last Modified: 14 Feb 2019 08:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum