ANALISIS KOMPARATIF STANDAR ISI KTSP 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH

NUR LAILA MILADIAH, NIM. 1420420024 (2018) ANALISIS KOMPARATIF STANDAR ISI KTSP 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KOMPARATIF STANDAR ISI KTSP 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH)
1420420024_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (803kB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KOMPARATIF STANDAR ISI KTSP 2006 DAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH)
1420420024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru sebagai penyempurna Kurikulum 2006/KTSP, yang diberlakukan secara bertahap pada sekolah-sekolah di lingkungan Kemenag mulai tahun ajaran 2014/2015. Artinya, tidak menutup kemungkinan ada beberapa unsur atau komponen yang serupa di dalam KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Namun, tentu juga terdapat perbedaan di antara keduanya. Salah satunya yang terdapat pada Standar Isi. Dengan adanya perubahan tersebut otomatis mempengaruhi proses pembelajarannya. Oleh karena itu, analisis terhadap Standar Isi dari kedua kurikulum tersebut layak dilakukan, guna mengetahui letak perbedaan SK-KD dan KI-KD pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang menjadi objek penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data tersebut digunakan teknik analisis isi (content analysis) dengan metode deskriptif analitis. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: Pertama, muatan Kompetensi Dasar mata pelajaran SKI dalam KTSP 2006 dan Kurikulum 2013, keduanya sama-sama mengharapkan pembiasaan peserta didik dalam melakukan hal baik dan menghindari hal buruk, dan kompetensi yang disajikan sama-sam dimulai dari penanaman sikap yang bersifat mendasar menuju yang lebih kompleks. Adapun perbedaannya; pada KTSP 2006 nilai-nilai yang ingin dicapai masih abstrak, serta pengelompokan ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan belum sistematis. Sedangkan Kompetensi Dasar yang terdapat pada K-13 lebih sistematis dan jelas. Kedua, komparasi Standar Isi mata pelajaran SKI dilihat dari sequence dan scope, baik dalam KTSP 2006 dan kurikulum 2013 telah menyajikan materi secara urut dan mendalam sesuai dengan yang ada ruang lingkup. Namun ada tiga poin yang menjadi catatan. Pertama, materi tentang Hijrah Nabi Muhammad dan para sahabat ke Habasyah tidak terdapat pada kelima ruang lingkup SKI-MI, namun di SK-SD (KTSP) dan KI-KD (K-13) dicantumkan. Kedua, pada K-13 ada pemadatan materi pada kelas IV & V MI dibandingkan dengan yang terdapat pada KTSP 2006. Ketiga, adanya perbedaan isi ruang lingkup yang kelima, yaitu pada KTSP 2006 berbunyi Sejarah perjuangan tokoh agama Islam di daerah masing-masing. Sedangkan pada K-13 berbunyi Sejarah perjuangan Wali Sanga. Hal ini dapat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, dan kompetensi yang dijabarkan pada SK-KD dan KI-D

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Standar Isi, KTSP, Kurikulum 2013, Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI > Sains MI (Madrasah Ibtidaiyah)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 09:48
Last Modified: 14 Feb 2019 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33158

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum