KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TK ABA SIDOMULYO II BANTUL

NINING UMI SALMAH, NIM. 1420431006 (2018) KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TK ABA SIDOMULYO II BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TK ABA SIDOMULYO II BANTUL)
1420431006_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN DI TK ABA SIDOMULYO II BANTUL)
1420431006_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat, dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah atau di luar sekolah adalah sepanjang hayat. Tujuan pendidikan untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat untuk masa yang akan datang. Hal itu memberikan gambaran pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, terutama pendidikan keagamaan. Pendidikan tersebut selain diberikan di sekolah harus berlanjut di lingkungan rumah melalui komunikasi yang baik antara guru dengan orang tua. Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, dengan komunikasi manusia mengekspresikan keinginannya dan dengan komunikasi pula manusia melaksanakan kewajibannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui bagaimana pelaksanaan komunikasi guru dan orang tua dalam penanaman nilainilai keagamaan peserta didik di TK ABA Sidomulyo II Bantul Yogyakarta, (2) mengetahui materi dan metode yang digunakan dalam proses penanaman nilainilai keagamaanan di TK ABA Sidomulyo II Bantul Yogyakarta. Metode penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengurus, pendidik, dan orang tua peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan berbagai sumber. Hasil penelitian adalah; Komunikasi antar guru dengan orang tua dalam proses penanaman nilai keagamaan yang dilaksanakan di TK ABA Sidomulo II Bantul Yogakarta yaitu memalui rapat atau petemuan, surat edaran, pembagian rapot, telephon, buku laporan mingguan dan kunjungan ke rumah. Komunikasi tersebut dapat mewakili proses pembelajaran dalam penanaman nilai-nilai keagamaan yang meliputi aqidah, ibadah dan akhlaq. (1) aqidah meliputi materi keimanan kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rosul, Hari Kiamat dan Qodha dan Qodhar, (2) ibadah meliputi ibadah sholat, puasa, zakat, membaca al-Qur’an, dan dzikir maupun do’a, (3) akhlaq yang meliputi akhlaq terhadap orang tua, sesama manusia dan alam sekitar. Sedangkan, penanaman nilai-nilai keagamaan TK ABA Sidomulyo II Bantul Yogyakarta yang telah ditemukan peneliti terkait i aqidah, ibadah dan akhlaq adalah dengan metode bercerita, metode keteladanan dari guru maupun orang tua dan metode pembiasaan dalam kehidupan seharihari.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, MA
Uncontrolled Keywords: Komunikasi guru dan orang tua, penanaman nilai-nilai keagamaan, anak usia dini, TK ABA Sidomulyo II Bantul Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2019 11:00
Last Modified: 14 Feb 2019 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum