KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN, BANTUL

DWI OKTAVIA, NIM. 14410184 (2018) KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN, BANTUL)
14410184_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN, BANTUL)
14410184_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa menurut pemaparan guru Pendidikan Agama Islam kesulitan penerapan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yaitu guru dituntut untuk dapat menguasai tentang TIK dan bias mengaitkan dengan ilmu pengetahuan yang lain, dan dalam kurikulum 2013 edisi revisi 2017 sudah pasti memiliki perubahan substansi sehingga peneliti tertarik meneliti bagaimana guru PAI di SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul menerapkan kurikulum tersebut dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesiapan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul dalam menerapkan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul sedangkan obyek penelitian ini adalah penerapan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Tekhnik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam hal kesiapan pelaksanaan pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul, ibu Uky kurang siap dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 hal ini dikarenakan beliau masih cukup baru dalam mengajar dan belum pernah mengikuti pelatihan mengenai kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sedangkan bapak Ahdiat cukup siap dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 hal ini dapat dilihat dari pengalaman mengajar beliau yang cukup lama, dan juga telah banyak mengikuti kegiatan peningkatan dan pengembangan diri seperti diklat maupun kegiatan pengembangan diri lainnya. 2) Proses pelaksanaan kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diawali dengan literasi di pagi hari, kemudian dalam proses pembelajaran di lanjutkan dengan kegiatan pendahuluan selanjutnya kegiatan inti dengan menggunakan pendekatan saintifik, kegiatan penutup dan penilaian dengan menggunakan HOTS. Hal ini juga dapat dilihat dari silabus, RPP, sumber belajar dan juga media yang digunakan. Proses penerapan pembelajaran ini sudah sesuai dengan tuntunan kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru PAI, Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 11:12
Last Modified: 14 Feb 2019 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum