EFEKTIVITAS PROGRAM TAKHASSUS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA

Wahyu Kholis Prihantoro, NIM. 14410179 (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM TAKHASSUS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM TAKHASSUS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
14410179_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM TAKHASSUS DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH IBNUL QOYYIM PUTRA YOGYAKARTA)
14410179_BAB-II_sampai_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam dunia pendidikan sebagian madrasah yang bernanung di bawah pesantren memiliki program pendidikan dan karakteristik yang berbeda dengan madrasah atau sekolah umum lainnya. Seperti halnya Madrasah Ibnul Qoyyim Putra yang bernanung di bawah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta, memiliki ciri khas yaitu sebuah program takhassus atau kelas persiapan bagi santri yang berasal dari SMP/MTS luar pondok yang hendak melanjutkan pendidikan MA di Madrasah Ibnul Qoyyim, namun mereka belum lulus waktu ujian seleksi madrasah. Agar mereka yang tidak lulus ujian seleksi dapat lulus dan masuk MA Ibnul Qoyyim, maka mereka diwajibkan untuk mengikuti kelas persiapan yaitu program takhassus selama 1 tahun dengan 2 semester. Pada semester 1 mereka mempelajari pelajaran MTS kelas 1, sedangkan pada semester 2 mereka mempelajari pelajaran MTS kelas 2 dan 3. Namun dalam proses pembelajarannya masih banyak kendala yang terjadi baik dari gurunya, siswanya, proses pembelajarannya, dan proses evaluasinya. Dalam program takhassus ini mata pelajaran PAI diperbanyak materinya dan ditambah jam pelajarannya. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang efektivitas program takhassus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran program takhassus, mengetahui problematika yang dihadapi guru dan siswa selama proses program takhassus, dan menjelaskan hasil yang telah dicapai program takhassus dalam mata pelajaran PAI. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu permasalahan yang ada di lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik, yang digunakan untuk meneliti kondisi obyek dan menganalisis data dengan tujuan mendeskripsikan kondisi alamiah yang terjadi kemudian dianalisa. Datanya diperoleh melalui observasi, analisis dokumentasi dan wawancara dengan Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Proses pembelajaran program takhassus di Madrasah Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta masih perlu diperbaiki baik dari segi metode, media, proses dan evaluasi pembelajarannya. (2) Problematika yang ada di program takhassus ini terdapat pada guru, siswa, proses pembelajaran, dan proses evaluasi. (3) Hasil nilai siswa program takhassus dapat di ketahui melalui tes tulis, tes lisan, dan tes praktek. Hasilnya sudah cukup mememuaskan sehingga program tersebut sudah dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program takhassus, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 11:25
Last Modified: 14 Feb 2019 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum