UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA

Siti Astari Litami Damanik, NIM. 14410012 (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA)
14410012_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS HIPERAKTIF DI SLB NEGERI 2 YOGYAKARTA)
14410012_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin melihat upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membentuk Akhlak pada anak berkiebutuhan khusus hiperaktif. SLB Negeri 2 Yogyakarta ini banyak anak yang memiliki keterbatasan seperti, tunadaksa, tunawicara, ADHD dan Tungrahita. Realitanya dalam kehidupan bermasyarakat sangat mementingkan nilai-nilai akhlak dan dengan keterbatasan siswa pihak sekolah dan khususnya guru PAI diharapkan dapat membentuk akhlak siswa.Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan akhlak pada anak berkebutuhan khusu hiperaktif di SLB Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian fiel research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 2 metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan guru bidang kurikulum. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifiksi dan penrikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan akhlak pada anak berkebutuhan khusus dengan pembiasaan hal-hal kebaikan diantaranya pembiasaan brertanggungjawab, pembiasaan sopan santun, pembiasaan disiplin, pembiasaan berprilaku jujur. 2) Hasil dari pelaksanaan pembelajaran PAI sudah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hafal doa-doa siswa, mengucap salam, kebiasaan bersalaman jika bertemu guru maupun orangtua, Menghargai guru, shalat berjamaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, Pembentukan Akhlak, Anak berekebutuhan Khusus Hiperaktif.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Feb 2019 14:46
Last Modified: 14 Feb 2019 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum