PENGEMBANGAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP N 1 BANTUL

VINA ANHAROENI, NIM. 14410033 (2018) PENGEMBANGAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP N 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP N 1 BANTUL)
14410033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEARIFAN BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMP N 1 BANTUL)
14410033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan proses globalisasi yang terjadi di seluruh penjuru dunia yang turut mempengaruhi pendidikan yang ada di Indonesia. Pembelajaran di kelas seringkali mengadopsi sistem pembelajaran luar negeri, padahal hal tersebut belum tentu sesuai dengan budaya yang berkembang di masyarakat Indonesia. Oleh karena itu dibutuhkan adanya suatu strategi yang sesuai jati diri dan budaya bangsa indonesia. Mengacu pada hal diatas, untuk memperoleh pendidikan yang sesuai dengan harapan kita kiranya perlu adanya pembelajaran yang dapat mencapai tujuan pendidikan dengan mengembangkan kearifan budaya lokal yang berkembang di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang kearifan budaya lokal dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP N 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut dapat ditarik kesimpulan. Triangulasi data dilakukan dengan dua macam, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan kearifan budaya lokal dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP N 1 Bantul menggunakan konsep desain pembelajaran yang tidak terlepas dari kondisi kehidupan nyata dan konsep pendidikan dengan memanfaatkan pranata budaya yang ada di masyarakat. Kedua konsep ini diterapkan dalam tiga tahap pembelajaran, yakni dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. (2) Adapun hasil yang dicapai dalam pengembangan kearifan budaya lokal dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat dilihat dari tiga aspek yaitu: aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dalam aspek pengetahuan siswa dapat menguasai materi yang disampaikan guru dan memahami kearifan budaya lokal apa saja yang ada dalam masyarakat. dalam aspek sikap dapat dilihat dari kedisiplinan siswa dalam mengikuti pelajaran PAI di sekolah, kedisiplinan siswa dalam menaati peraturan sekolah, kedisiplinan siswa berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan meningkatnya rasa peduli siswa terhadap sesama. Secara aspek keterampilan siswa juga dapat dilihat dari kecakapan siswa dalam menjalankan kegiatan sosial seperti kerja bakti sekolah, jum‟at bersih, sopan santun terhadap guru, kecakapan berbicara di depan umum, dan kecakapan menghargai dan melestarikan keberagaman budaya yang diketahuinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kearifan Budaya Lokal, Pembelajaran SKI.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 09:54
Last Modified: 15 Feb 2019 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum