METODE PENDIDIKAN TARGIB WA TARHIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP AYAT-AYAT AL QURAN SURAH LUQMAN )

MUCHAMMAD IMAM ROSYADI, NIM. 1620410023 (2018) METODE PENDIDIKAN TARGIB WA TARHIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP AYAT-AYAT AL QURAN SURAH LUQMAN ). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PENDIDIKAN TARGIB WA TARHIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP AYAT-AYAT AL QURAN SURAH LUQMAN ))
1620410023_PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (METODE PENDIDIKAN TARGIB WA TARHIB DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN TERHADAP AYAT-AYAT AL QURAN SURAH LUQMAN ))
1620410023_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah fenomena mengenai efek negatif dari hukuman dan imbalan yang diterapkan dalam mendidik anak di masyarakat dewasa ini telah jauh dari batas-batasnya. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti metode hukuman dan imbalan, yang dalam istilah Islam adalah targib wa tarhib, dalam perspektif surah Luqman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep targib wa tarhib dalam surah Luqman serta implikasinya terhadap pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yaitu teknik pengumpulan data melalui dokumen. Adapun dokumentasi disini berupa buku-buku, jurnal, dan artikel. Adapun hasil penelitian ini menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang telah ditentukan, meliputi konsep targib wa tarhib dalam surah Luqman serta implikasinya dalam pendidikan Islam. Konsep tersebut meliputi tujuan dan karakteristik targib wa tarhib. Tujuan targib untuk membuat anak didik tertarik terhadap kebaikan, kenikmatan dan kesenangan akhirat yang baik dan pasti serta terhindar dari keburukan. Sedangkan tujuan tarhib untuk menyadarkan anak didik dari kesalahan, sehingga ia akan tersadar dengan adanya hukuman yang akan diberikan sebagai bentuk ancaman. Ayat-ayat targib wa tarhib yang terkandung dalam surah Luqman antara lain adalah ayat 4,5,6,7,8,9,12,15,16,20,21,23,24. Sebagai rinciannya mengenai ayat-ayat tersebut akan dirincikan dalam penelitian ini. Poin penting yang membedakan targib wa tarhib dengan reward and punishment terletak pada tujuan akhirnya. Tujuan akhir targib wa tarhib untuk meningkatkan iman dan tauhid siswa kepada Allah. Karakteristik targib wa tarhib dalam surah Luqman meliputi beberapa hal, yaitu: Targib (hadiah) dan tarhib (hukuman) diberikan kepada seorang hamba sebagai balasan yang baik maupun buruk, targib wa tarhib yang diberikan dengan penuh kasih sayang, memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri, dan tegas. Targib wa tarhib sangat perlu diterapkan dalam pendidikan Islam, baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat tempat anak tinggal. Targib wa tarhib diperlukan dalam rangka membangun moral anak, khususnya mengenai kedisiplinan, kepatuhan anak terhadap aturan-aturan, serta kewajiban manusia untuk menanamkan keimanan dan akidah yang sahih dalam diri anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: targib, tarhib, metode.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Feb 2019 10:47
Last Modified: 15 Feb 2019 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum