IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 2 WUSTHO B MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

AHMAD ASMUI, NIM. 14410050 (2018) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 2 WUSTHO B MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 2 WUSTHO B MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14410050_BAB-I_IV-_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (46MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN FIQIH KELAS 2 WUSTHO B MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14410050_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam dunia pendidikan tidak dapat dilepaskan dari metode pembelajaran dalam sebuah kegiatan belajar mengajar. Persoalan metode pembelajaran ini menarik karena Salah satu faktor yang menentukan corak kegiatan belajar dan pembelajaran adalah metode pembelajaran. Metode Sorogan adalah salah satu metode pembelajaran klasik yang sampai sekarang masih diterapkan di semua kelas Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Seperti apa sih implementasi metode Sorogan yang klasik ini diterapkan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah khususnya dalam pembelajaran Fiqih kelas 2 Wustho, apakah sama dengan metode sorogan dikelas yang lain, atau sama seperti pada umumnya. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian mengenai penerapan atau Implementasi metode Sorogan dalam pembelaran Fiqih kelas 2 Wustho Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi metode Sorogan yang diterapkan dalam pembelajaran Fiqih kelas 2 Wustho Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penulis juga ingin mengetahui kendala-kendala selama pelaksanaan metode Sorogan dan Solusi untuk mengatasi Kendala-kendala tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Field Research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan dua metode yaitu deskriptif kualitatif dan analisis isi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa :1) Implementasi metode Sorogan dalam pembelajaran Fiqih kelas 2 Wustho Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta menggunakan sisiten Face to Face dan sistem Kubu. 2) kendala-kendala implementasi metode sorogan dalam pembelajaran Fiqih kelas 2 Wustho Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta meliputi kendala keistiqomahan, kesibukan dan kendala proses Sorogan. 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala tersebut oleh ustadz maupun santri yaitu dengan penanaman jiwa pengabdian, membuat jadwal kegiatan dan didesai sesantai mungkin tapi serius seperti bolehnya membawa makanan atau minuman ketika Sorogan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Sorogan, Pembelajaran Fiqih, Kelas 2 Wustho
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 11:06
Last Modified: 15 Feb 2019 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum