IMPLIKASI PENERAPAN HUKUMAN EDUKATIF SEBAGAI UPAYA MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM

ITOH, NIM. 14410062 (2018) IMPLIKASI PENERAPAN HUKUMAN EDUKATIF SEBAGAI UPAYA MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI PENERAPAN HUKUMAN EDUKATIF SEBAGAI UPAYA MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM)
14410062_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI PENERAPAN HUKUMAN EDUKATIF SEBAGAI UPAYA MENDISIPLINKAN PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH PAKEM)
14410062_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa SMP Muhammadiyah Pakem menerapkan hukuman yang menarik dan bernilai edukatif sebagai upaya dalam mendisiplinkan peserta didiknya. Hukuman yang diberikan cukup beragam tidak hanya bersifat fisik saja, tetapi juga hukuman yang lebih mengarah ke kognitif, artinya hukuman tersebut memberikan kontribusi terhadap kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara mengimplementasikan hukuman edukatif kepada peserta didiknya supaya disiplin. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana tingkat kedisiplinan dan implikasi penerapan hukuman eduaktif sebagai upaya mendisiplinkan peserta didik di SMP Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat kedisiplinan peserta didik dan hasil implikasi penerapan hukuman edukatif sebagai upaya mendisiplinkan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah Pakem. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode berpikir induktif yang didukung data kualitatif, dengan menggunakan reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat kedisiplinan peserta didik di SMP Muhammadiyah Pakem belum bisa dikatakan semua disiplin karena masih ada beberapa anak yang melanggar tata tertib. Untuk itu penerapan hukuman edukatif dianggap perlu diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik. (2) Penerapan hukuman edukatif sebagai upaya mendisiplinkan peserta didik tersebut terbukti memberikan dampak yang baik bagi peserta didik di SMP Muhammadiyah Pakem, hal ini bisa dilihat dari penurunan jumlah peserta didik yang terlambat dan melanggar tata tertib lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Hukuman, Disiplin, Peserta Didik.
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 11:28
Last Modified: 15 Feb 2019 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum