DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALASAN SLEMAN

Maulana Iskandar, NIM. 14410165 (2018) DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALASAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
14410165_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN LIMA HARI SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KALASAN SLEMAN)
14410165_BAB II_ sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditetapkannya peraturan menteri tentang hari sekolah. Yang mengubah kegiatan sekolah dari enam hari menjadi lima hari sekolah dalam penyelenggaran kegiatan pendidikannya. Perubahan hari mengakibatkan setiap mata pelajaran bertambah durasi waktu serta kegiatan sekolah dilaksanakan selam 8 jam perhari . Sehingga memunculkan potensi positif dan negatif terhadap guru. Karena guru sebagai pelaksana langsung kebijakan lima hari sekolah ini. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pedagogik yang dimiliki guru PAI, kemudian bagaimana dampak implementasi kebijakan lima hari sekolah terhada kompetensi pedagogic guru PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui kompetensi pedagogik guru PAI serta mengetahui dampak yang ditimbulkan lima hari sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptitf kualitatif. pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi data. uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogic yang dimiliki guru PAI cukup baik. mulai dari pemahaman peserta didik, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan potensi peserta didik. Implementasi kebijakan lima hari sekolah memberikan dampak positif terhadap kompetensi pedagogik guru PAI, yatitu meningkatkan kreativitas guru, pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan dengan lebih maksimal, penilaian sikap siswa dapat dijalankan dengan baik. sedangkan untuk dampak negative implemetansi kebijakan lima hari sekolah adalah di awal implementasinya guru mengalami kelelahan psikologis yang mengakibatkan konsentrasi mengajar guru berkurang, pembelajaran PAI di jam pelajaran terakhir kurang kondusif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Impelemntasi ,lima hari sekolah, kompetensi pedagogik guru
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Feb 2019 15:15
Last Modified: 15 Feb 2019 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum