SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN

BREGAS DEDE AWALASHARI, NIM : 11680042 (2018) SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN)
11680042_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN)
11680042_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan penelitian pretest-posttest control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen Model Pembelajaran Berbasis Masalah, kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengambilan data menggunakan data tes soal pilihan ganda (pretest dan posttest) dan angket tanggapan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji statistik One-Way ANOVA. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen pada Pembelajaran Berbasis Masalah sebesar 72,1, kelas eksperimen pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing sebesar 72,1 dan kelas kontrol 68,6. Berdasarkan hasil uji One-Way ANOVA, nilai F adalah 1,1416, di mana dengan df 1=2 dan df 2=95 sehingga F tabel 3,09, yang berarti 1,1416 < 3,09, maka tidak ada perbedaan hasil belajar pada kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 1) Rata-rata hasil angket tanggapan peserta didik kelas eksperimen Model Pembelajaran Berbasis Masalah memiliki prosentase 78,98%. Sedangkan rata-rata hasil angket tanggapan peserta didik kelas eksperimen Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing 75,31%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M.A., M.IWM.,
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, berbasis masalah, inkuiri terbimbing, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2019 10:25
Last Modified: 16 Feb 2019 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum