Siti Maemunah, NIM. 13680024 (2018) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
![]() |
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
13680024_BAB II-IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SUB MATERI POKOK JARINGAN TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA)
13680024_BAB I-V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Biologi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sub Materi Pokok Jaringan Tumbuhan untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) model prosedural tipe 4D (Define, Design, Develope dan Disseminate). Produk divalidasi dan dinilai oleh 2 ahli materi, 1 ahli media dan 6 peer reviewer. Pada penelitian pengembangan ini dilakukan uji terbatas kepada 2 guru biologi dan 15 siswa kelas XI SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket check list. Data kualitatif dari hasil penilaian dikonversi menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala likert. Hasil penilaian ahli materi, ahli media dan peer reviewer menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase ideal penilaian berturut-turut 85,71%, 87,50%, dan 92,96%. Sedangkan guru biologi menilai bahwa modul termasuk dalam kategori baik dengan persentase keidealan 70%. Adapun respon siswa menunjukkan sangat setuju dengan persentase keidealan 86,91%. Dengan demikian Modul Biologi Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Sub Materi Pokok Jaringan Tumbuhan untuk Siswa Kelas XI SMA/MA layak digunakan sebagai bahan ajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dias Idha Pramesti, M.Si. |
Uncontrolled Keywords: | modul biologi, pendekatan contextual teaching and learning (CTL), jaringan tumbuhan |
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 16 Feb 2019 10:56 |
Last Modified: | 16 Feb 2019 10:56 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33235 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |