PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

LATIFAH NUR „AINI, NIM. 14680032 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
14680032_BAB-I_IV-DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
14680032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian True Experimental dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI IPA yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan hasil kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data motivasi belajar siswa menggunakan teknik non-tes, dengan instrumen berupa lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik pengambilan data hasil belajar siswa menggunakan teknik tes, dengan instrumen berupa soal pretest dan posttest materi sistem imun. Teknik analisis data motivasi belajar siswa menggunakan uji statistik Mann Whitney, dan analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain yang diuji dengan menggunakan uji statistik Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney menunjukkan Asymp. sig. sebesar 0,017 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil uji Mann Whitney untuk skor N-gain siswa menunjukkan nilai Asymp. sig. sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Runtut Prih Utami, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:02
Last Modified: 18 Feb 2019 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum