STUDI KOMPARASI TINGKAT RELIGIUSITAS ANTARA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR ASRAMA PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA

UMI MASLAKHAH, NIM. 14410114 (2018) STUDI KOMPARASI TINGKAT RELIGIUSITAS ANTARA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR ASRAMA PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI TINGKAT RELIGIUSITAS ANTARA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR ASRAMA PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA)
14410114_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI TINGKAT RELIGIUSITAS ANTARA PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL DI LUAR ASRAMA PONDOK PESANTREN MUNTASYIRUL ULUM MAN 3 SLEMAN YOGYAKARTA)
14410114_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah tingkat kenakalan remaja di daerah Yogyakarta semakin tinggi. Di sinilah pentingnya religiusitas peserta didik untuk menangkal pengaruh negatif masa kini. Religiusitas bukan hanya ditandai dengan ketaatan dalam menjalankan ibadah ritual, tetapi juga ada keyakinan, pengalaman, dan pengetahuan agama yang dianut. Namun kenyataannya, masih terdapat beberapa peserta didik baik pengetahuan agamanya, tetapi memiliki nilai eksperensial dan peribadatan yang kurang. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang tingkat religiusitas pada peserta didik di MAN 3 Sleman, sekaligus perbedaan religiusitas antara peserta didik yang tinggal di asrama dengan yang tinggal di luar asrama. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa tinggi tingkat religiusitas peserta didik yang tinggal di asrama, seberapa tinggi tingkat religiusitas peserta didik yang tinggal di luar asrama, dan apakah ada perbedaan tingkat religiusitas antara peserta didik yang tinggal di asrama dengan yang tinggal di asrama pada kelas XI MAN 3 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan tingkat religiusitas antara peserta didik yang tinggal di asrama dengan yang tinggal di luar asrama. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MAN 3 Sleman tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 256 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling kuota, sampel sebanyak 80 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis validitas pertama menunjukkan dari 50 butir angket hanya 24 butir yang valid. Sedangkan, hasil analisis validitas kedua menunjukkan bahwa dari 50 butir angket terdapat 40 butir yang valid. Hasil reabilitas sebesar 0,719, sehingga instrumen penelitian dinyatakan reliabel. Analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis komparasional dengan uji perbedaan Independent Simple T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Religisuitas peserta didik yang tinggal di asrama tergolong tinggi. 2) Religiusitas peserta didik yang tinggal di luar asrama tergolong tinggi. 3) Tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat religiusitas antara peserta didik yang tinggal di asrama dengan yang tinggal di luar asrama. Nilai t hitung 0,348, maka 1,99 > 0,348 < 2,64, dengan demikian Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman,S.Ag.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Asrama, Madrasah
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Feb 2019 09:37
Last Modified: 18 Feb 2019 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum