PENGARUH KOMIK FISIKA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN DI MTS AN-NUR GALUK TAHUN AJARAN 2017-2018

SURYA WIJAYANTI, NIM. 11690047 (2018) PENGARUH KOMIK FISIKA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN DI MTS AN-NUR GALUK TAHUN AJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMIK FISIKA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN DI MTS AN-NUR GALUK TAHUN AJARAN 2017-2018)
11690047_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMIK FISIKA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX PADA POKOK BAHASAN KELISTRIKAN DI MTS AN-NUR GALUK TAHUN AJARAN 2017-2018)
11690047_BAB-II_sampai_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komik fisika terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IX pada pokok bahasan listrik dinamis di MTs An-Nur Galuk tahun ajaran 2017-2018. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan komik dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan buku ajar IPA kelas IX. Komik dikatakan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA jika terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest, serta skor angket motivasi sebelum dan setelah treatment. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design, yaitu terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan penelitian ini adalah (1) memberikan pretest kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) memberikan treatment kepada kelompok eksperimen berupa pembelajaran dengan menggunakan komik sebagai bahan ajar, (3) memberikan posttest kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa soal pretest-posttest yang disusun dalam bentuk soal uraian, dan angket motivasi yang disusun dalam bentuk checklist dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan Uji t dinyatakan hipotesis Ho ditolak, hal itu menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan komik fisika berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA. Dengan taraf sig. 2 tailed skor pretestposttest dan angket motivasi belajar masing-masing sebesar 0,00. Selain itu komik juga meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar IPA yang ditunjukkan melalui N-Gain kelas eksperimen yang lebih besar daripada kelas kontrol. N-Gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 0,6 yang tergolong kategori sedang, sedangkan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,3 yang tergolong kategori rendah. N-Gain motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 0,4 yang tergolong kategori sedang,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Komik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Feb 2019 14:43
Last Modified: 18 Feb 2019 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33269

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum