IDENTIFIKASI MODEL MENTAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MAN 1 KAMPAR RIAU

MAWADDAH AWALIA, NIM. 14690015 (2018) IDENTIFIKASI MODEL MENTAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MAN 1 KAMPAR RIAU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MODEL MENTAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MAN 1 KAMPAR RIAU)
14690015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MODEL MENTAL DAN HUBUNGANNYA DENGAN KONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI MAN 1 KAMPAR RIAU)
14690015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kategori konsepsi siswa pada materi suhu dan kalor, 2) model mental yang digunakan siswa pada konsep konveksi kalor, 3) hubungan antara model mental siswa pada konsep konveksi kalor dengan kategori konsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan metode kombinasi sequential explanatory (urutan pembuktian) yang melibatkan seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Kampar. Pengambilan data dilakukan dua tahap, pada tahap pertama menggunakan metode kuantitatif dengan memberikan tes diagnostik three tier kepada 115 siswa untuk mengetahui kategori konsepsi siswa. Selanjutnya pada tahap kedua menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semiterstruktur kepada 25 siswa untuk mengidentifikasi model mental yang dimiliki siswa pada konsep konveksi kalor. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitaif dianalisis dengan mencari persentase setiap kategori konsepsi yang dimiliki oleh siswa. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan cara mengkategorikan dan mendeskripsikan setiap model mental yang dimiliki siswa bedasarkan karakteristiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori konsepsi siswa pada materi suhu dan kalor terbagi menjadi empat kategori yaitu, 0,87% dominan memahami konsep, 66,96% dominan miskonspsi, 27,83% dominan kurang pengetahuan dan 4,35% miskonsepsi sama dengan kurang pengetahuan. Terdapat sembilan model mental yang digunakan siswa dalam menjelaskan konsep konveksi kalor, yaitu model 1 (konveksi dominan konduksi), model 2 (konveksi kalor terdistribusi menyeluruh), model 3 (konveksi berbasis difusi I), model 4 (konveksi berbasis difusi II), model 5 (konveksi beratap panas II), model 6 (konveksi arus bersepeda), model 7 (konveksi arus bersepeda sisi tengah), model 8 (konveksi arus bersepeda dua siklus) dan model 9 (konveksi arus bersepeda perbedaan massa jenis). Selain itu, tidak ada hubungan yang spesifik antara konsepsi siswa dengan model mental yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model mental, kategori konsepsi, suhu dan kalor, konveksi kalor
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:09
Last Modified: 19 Feb 2019 08:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum