KONSEP SPIRITUALITAS DALAM MISTIK KEJAWEN (Studi atas Buku Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-usul Kejawen)

M. Ade Mufti Aji, NIM. 11510025 (2018) KONSEP SPIRITUALITAS DALAM MISTIK KEJAWEN (Studi atas Buku Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-usul Kejawen). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP SPIRITUALITAS DALAM MISTIK KEJAWEN (Studi atas Buku Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-usul Kejawen))
11510025_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP SPIRITUALITAS DALAM MISTIK KEJAWEN (Studi atas Buku Agama Jawa: Ajaran, Amalan, dan Asal-usul Kejawen))
11510025_ BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Spiritualitas merupakan suatu pola dasar dalam pencarian jati diri, makna, dan hakikat kehidupan. Dengan kata lain, spiritualitas lebih menekankan pada sikap seseorang dalam memahami pengalaman hidupnya. Dalam mistik kejawen, konsep spiritualitas lebih dekat pada nilai kebatinan personal atau lebih dikenal sebagai laku, dalam tencapainya budi luhur kesempurnaan hidup. Pandangan hidup ini, senantiasa berorientasi pada olah rasa dan olah cipta sehingga membawa pelaku kebatinan dalam mistik kejawen untuk memahami lebih dalam pada ajaran tentang hakikat hidup. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk memahami konsep spiritualitas dalam mistik kejawen, dengan menggunakan perspektif dari pemikiran Suwardi Endraswara, seorang tokoh budayawan Jawa. Konsep dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif (Library Research) dengan pendekatan deskriptif dan analisis. Dapat dipahami bahwa dengan teknik pengumpulan data dari sumber data primer dan sumber data sekunder pada penelitian ini, peneliti akan berusaha memahami serta menganalisisnya secara deduktif dan induktif. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa pandangan dasar spiritualitas dalam mistik kejawen lebih menekankan pada unsur kebatinan, yaitu dalam hal ini terbagi menjadi tiga pandangan pokok. Pertama, pemahaman tentang sangkan paraning dumadi, yaitu merupakan suatu jalan keselamatan untuk mencapai kesempurnaan hidup, oleh karena itu pelaku spiritual diharapkan memahami secara utuh tentang asal-usul dan tujuan hidup dalam mencapai hakikat kehidupan. Kedua, pemahaman tentang memayu hayuning bawana, yaitu pandangan tentang konsep kesucian dunia, atau dengan kata lain adalah sikap kepekaan manusia dalam menghadapi lingkungan hidupnya dan mampu menjaga keseimbangan alam. Ketiga, manunggaling kawula gusti, yaitu menghubungkan diri secara sadar dan merasa dekat dengan tuhan, atau dikenal dengan istilah jumbuh, karena tuhan ada dibalik pribadi manusia atau hidup sesungguhnya adalah tuhan. Dengan ketiga pandangan spiritualitas dalam mistik kejawen tersebut, senantiasa dapat memahami prinsip laku demi tegaknya keselamatan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Shofiyullah MZ, S.Ag M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Spiritualitas, Mistik Kejawen, Sangkan Paraning Dumadi, Memayu Hayuning Bawana, Manunggaling Kawula Gusti
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:22
Last Modified: 19 Feb 2019 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum