Ta'lim maharah al kalam min khilal al bay'ah al lughawiyyah bi ma'had dar al salam Gontor li al banat mu'ayir judah ta'lim al kalam 'inda Rushdy Ahmad taimah (dirasah wasfiyyah tahliliyyah)

Ria Risti Nugraheni, NIM. 1620410011 (2018) Ta'lim maharah al kalam min khilal al bay'ah al lughawiyyah bi ma'had dar al salam Gontor li al banat mu'ayir judah ta'lim al kalam 'inda Rushdy Ahmad taimah (dirasah wasfiyyah tahliliyyah). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Ta'lim maharah al kalam min khilal al bay'ah al lughawiyyah bi ma'had dar al salam Gontor li al banat mu'ayir judah ta'lim al kalam 'inda Rushdy Ahmad taimah (dirasah wasfiyyah tahliliyyah))
1620410011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Ta'lim maharah al kalam min khilal al bay'ah al lughawiyyah bi ma'had dar al salam Gontor li al banat mu'ayir judah ta'lim al kalam 'inda Rushdy Ahmad taimah (dirasah wasfiyyah tahliliyyah))
1620410011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 berupaya merealisasikan kecakapan keterampilan berbicara melalui pembentukan lingkungan bahasa. Untuk itu, pondok menetapkan metode langsung, karena metode ini sesuai dengan sifat bahasa yang mana suara vokal akan terdengar setalah pengucapan, sehingga ia dapat berbicara. Sehubungan dengan itu, peneliti melihat urgensi Gontor untuk mengacu kepada pemikiran pakar Bahasa Arab khususnya terkait miliu Bahasa Arab, untuk mengoptimalkan usaha pembentukan miliu bahasa yang standar. Peneliti bermaksud melihat adanya kesesuaian pengajaran di pondok dengan standar pengajaran menurut Al-Ustadz Rusydi Ahmad Thu’aimah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengajaran kecakapan berbicara Bahasa Arab diajarkan? Bagaimanakah kondisi lingkungan berbahasa? Seberapa baik pengajaran keterampilan berbicara di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 3 dilihat dari standar pengajaran menurut Al-Ustadz Rusydi Ahmad Thu’aima? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan kajian deskriptif analisis. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan tiga metode, yaitu: metode dokumenter, metode wawancara, dan metode observasi. Analisis data yang dipakai adalah metode pada Miles dan Hubberman, yaitu: Reduksi data, Display data, dan Analisis data Kesimpulan serta Verifikasi. Dari penelitian ini, ditemukan beberapa hasil penelitian, yaitu: 1. Pengajaran keterampilan berbicara di Gontor Putri 3 baik, mengajarkannya dengan metode langsung, metode tanya-jawab, metode audiolingual, dan metode audio visual. 2. Lingkungan berbahasa di Gontor Putri 3 baik, sebagaimana yang dibagi oleh Rusydi Ahmad Thu’aima teridiri dari lingkungan formal dan informal. a. lingkungan informal yang berhubungan dengan perolehan bahasa secara tidak sengaja oleh manusia dan yang mengembangkan keterampilan berbahasa. b. lingkungan formal berhubungan dengan suasana pengajaran Bahasa Arab dan pembelajaran Bahasa Arab di kelas, diantara keduanya saling terkait satu sama lain untuk mengajarkan keterampilan berbicara. 3. Pengajaran Keterampilan Berbicara di Gontor Putri 3 sesuai dengan standar pengajaran menurut Rusydi Ahmad Thuaima dilihat dari sisi tujuan, materi, pengajar dan evaluasi. Berdasarkan hasil analisa peneliti, maka diharapkan kepada seluruh pengajar dan santriwati untuk mempertahankan metode pengajaran yang telah baik dan kondusif sesuai dengan standar pengajaran yang kondusif menurut Al-Ustadz Rusydi Ahmad Thu’aimah, serta selalu mengusahakan pembaharuan-pembaharuan guna mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Musthofa, Lc., MA
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Kecakapan Berbicara, Lingkungan Bahasa, Rusydi Ahmad Thu’aimah
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:13
Last Modified: 20 Mar 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum