IDENTIFIKASI MODEL MENTAL SISWA DAN FAKTOR- FAKTORNYA PADA HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK DI TIGA SMA/MA KABUPATEN SRAGEN

ANNISA MAULANA RIZKY, NIM. 14690026 (2018) IDENTIFIKASI MODEL MENTAL SISWA DAN FAKTOR- FAKTORNYA PADA HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK DI TIGA SMA/MA KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MODEL MENTAL SISWA DAN FAKTOR- FAKTORNYA PADA HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK DI TIGA SMA/MA KABUPATEN SRAGEN)
14690026_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MODEL MENTAL SISWA DAN FAKTOR- FAKTORNYA PADA HUKUM KEKEKALAN ENERGI MEKANIK DI TIGA SMA/MA KABUPATEN SRAGEN)
14690026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui model mental dan deskripsi model mental yang digunakan siswa pada hukum kekekalan energi mekanik. 2)Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi model mental siswa pada hukum kekekalan energi mekanik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Ada 101 siswa dari tiga SMA/MA di Kabupaten Sragen yang terlibat dalam penelitian ini. Ketiga sekolah tersebut dipilih berdasarkan hasil ujian nasional IPA, yang kemudian dikelompokkan dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Terdapat dua tahap penelitian, pada tahap pertama disajikan empat pertanyaan generatif kepada siswa. Tipe-tipe jawaban siswa pada tahap pertama digunakan untuk menentukan responden yang akan digali model mentalnya. Pada tahap kedua digunakan interview-about-event, disajikan enam fenomena yang belaku hukum kekekalan energi mekanik untuk menggali model mental siswa dan angket untuk mengetahui faktor-faktornya. Model mental siswa ditentukan berdasarkan hasil interviewabout- event, respon siswa dikelompokkan berdasarkan kesamaan jawaban atau karakteristik yang sama. Hasil tersebut kemudian diberi nama/label model dan dideskripsikan. Faktor-faktor yang mempengaruhi model mental diketahui dari pilihan siswa pada angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua model mental pada hukum kekekalan energi mekanik yang digunakan oleh siswa di tiga SMA/MA Kabupaten Sragen yaitu model mental Non HKEM dan model mental HKEM. Model mental yang dominan adalah model mental Non HKEM. Siswa yang termasuk dalam model mental Non HKEM adalah siswa yang menggunakan model Gravitasi, model Jarak, model Gaya, model Cepat, model Kemiringan Lintasan, model Bentuk Lintasan, model Kelajuan, model Massa dan model Campuran. Model mental HKEM hanya dimiliki oleh siswa yang menggunakan model Posisi. Faktor-faktor yang mempengaruhi model mental siswa adalah penjelasan guru (27%), penjelasan dalam buku teks (14%), eksperimen (4%), dan faktor lain (55%). Faktor lain yaitu penalaran, logika, imajinasi dan pengetahuan yang dimiliki siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Joko Purwanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model mental, faktor-faktor, hukum kekekalan energi mekanik
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 08:27
Last Modified: 19 Feb 2019 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum