IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MANPK YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN FIKIH

Moh. Solikul Hadi, NIM: 1620410058 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MANPK YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN FIKIH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MANPK YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN FIKIH)
1620410058_BAB I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLEGENCE DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN NATURAL PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROJECT BASED LEARNING DI KELAS X MANPK YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN FIKIH)
1620410058_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kurang respeknya dunia pendidikan dalam menyikapi kerusakan lingkungan. Oleh karena perlunya terobosan baru dalam hal ini pembelajaran Fikih yang diorientasikan pada pembuatan proyek ramah lingkungan melalui metode Project Based Learning. Perlunya implementasi model pengembangan multple intellegence dalam meningkatkan kecerdasan natural peserta didik melalui metode PJBL pada pelajaran Fikih Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan natural peserta didik utamanya peduli terhadap lingkungan sekitar melalui metode PJBL dalam pembelajaran Fikih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Setelah data didapatkan selanjutnya dianalisis dengan konsep analisis data dengan langkah-langkah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pengembangan multiple Intellegence dalam meningkatkan kecerdasan natural peserta didik melalui metode project based learning dikelas MANPK Yogyakarta menghasilkan yakni dengan menggunakan metode project based learning ini peserta didik lebih senang belajar diluar kelas dari pada dikelas, menumbuhkan rasa kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, pembelajaran dengan metode PJBL ini mampu meningkatkan kecerdasan natural siswa dengan bentuk semangat mereka dalam membuat proyek pemanfaatan air wudhu dengan membuat saluran air bekas air wudhu yang dialokasikan untuk penghijuan area taman sekolah. Adapun kendala dalam pelaksanaannya yakni membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan proyek serta masih adanya siswa yang kurang pastisipatif. Kata Kunci : Multiple Intellegence, natural, Project Based Learning, Fikih

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, MA
Uncontrolled Keywords: Multiple Intellegence, natural, Project Based Learning, Fikih
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:13
Last Modified: 20 Mar 2019 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33289

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum