PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Ernita Apriani, NIM. 14690040 (2018) PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR)
14690040_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM DAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN DENGAN PENDEKATAN SCIENCE PROCESS SKILLS UNTUK SISWA KELAS XI SMA/MA PADA MATERI SUHU DAN KALOR)
14690040_BAB-II_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan panduan praktikum dan instrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills, (2) mengetahui kualitas panduan praktikum dan instrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills, (3) mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan panduan praktikum dengan pendekatan science process skills, (4) mengetahui respon guru terhadap instrumen penilaian keterampilan dengan pendekatan science process skills. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model prosedural. Prosedural pengembangan ini berdasarkan model 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu (1) define, (2) design, (3) develop, (4) disseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap develop pada langkah uji coba luas. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian kualitas produk, lembar angket respon siswa, lembar angket guru, dan lembar observasi keterlaksanaan. Data kualitatif dianalisis dengan cara mengubah menjadi data kuantitatif dan mencari rerata skor. Penilaian kualitas produk, respon siswa dan guru menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk checklist. Sedangkan keterlaksanaan produk menggunakan lembar deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah dikembangkan panduan praktikum suhu dan kalor yang memuat 3 percobaan. Sebagai pelengkap dari panduan tersebut maka dikembangkan juga produk instrumen penilaian keterampilan. Produk ini dikembangkan berdasarkan karakteristik pendekatan science process skills terpadu, (2) kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli evaluasi memperoleh kategori sangat baik (SB) dengan rerata skor berturut-turut 3,83; 3,39; 3,81. Penilaian oleh guru fisika memperoleh rerata skor 3 dengan kategori baik (B), (3) respon siswa terhadap panduan praktikum dalam uji coba terbatas adalah sangat setuju (SS) dengan rerata skor sebesar 3,38. Hasil dari keterlaksanaan panduan praktikum pada uji coba luas yaitu kesulitan siswa dalam menentukan atau mengidentifikasi variabel. Aspek-aspek yang lain secara keseluruhan telah terlaksana, (4) respon guru terhadap produk instrumen penilaian keterampilan adalah sangat setuju (SS) dengan rerata skor 3,77.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Panduan Praktikum, Instrumen Penilaian Keterampilan, Science Process Skills, Suhu dan Kalor
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 10:41
Last Modified: 19 Feb 2019 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum