PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

MUTIARA RAHMADHANI, NIM. 14670006 (2018) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT)
14670006_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MATERI ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT)
14670006_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk memandang suatu masalah dari sudut oandang yang berbeda-beda serta kemampuan untuk menciptakan suatu gagasan baru. Aspek ini bertujuan untuk membentuk pribadi peserta didik yang aktif, kritis, dan kreatif hal ini sejalan dengan Salah satu tujuan kurikulum yakni berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik dan (2) pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X di SMA Kolombo pada mata pelajaran kimia materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Desain penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar observasi dan angket self Assesment, serta tes hasil belajar berupa posttest. Pengukuran berpikir kreatif ranah afektif menggunakan lembar observasi dan angket self assesment menggunakan skor acuan penilaian, sedangkan pengukuran hasil belajar menggunakan soal Posttest dengan teknik analisis data menggunakan uji statistika nonparametrik, yaitu Mann-Whitney. Hasil penelitian ini (1) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif ranah kognitif dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 0,05. (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif ranah afektif dibuktikan dengan hasil skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 2,30 dan kelas kontrol 1,77. Hal ini dibuktikan pula dengan hasil skor rata-rata self assesment pada kelas eksperimen sebesar 0,76 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,61. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Berpikir Kreatif, Elektrolit dan Nonelektrolit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Discovery Learning, Berpikir Kreatif, Elektrolit dan Nonelektrolit
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 11:32
Last Modified: 19 Feb 2019 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum