KESIAPAN DAN ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 SALAMAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018

YUNIATUL CHASANAH, NIM. 14670025 (2018) KESIAPAN DAN ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 SALAMAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN DAN ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 SALAMAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018)
14670025_BAB-I-atau-BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KESIAPAN DAN ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LINTAS MINAT KIMIA KELAS X IIS DI SMA NEGERI 1 SALAMAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2017/2018)
14670025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 mengakibatkan adanya program lintas salah satunya lintas minat kimia. Lintas minat kimia diperuntukkan untuk pe didik diluar program peminatan MIPA, salah satunya IIS. Pemilihan kelas l minat diharuskan sesuai dengan bakat dan minat dari peserta didik. Akan t pada kenyataannya setiap peserta didik tidak dapat memilih mata pelajaran l minat sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki, dikarenakan beberapa yang mungkin menjadi kebijakan dari sekolah. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada kesiapan dan antusiasme belajar peserta didik terh pembelajaran lintas minat yang diikuti. Kesiapan belajar merupakan kondisi memungkinkan peserta didik dapat menguasai pengetahuan dan kecakapan serta membuatnya siap untuk memberi respon dalam suatu proses pembelaj dengan baik. Antusiasme belajar peserta didik merupakan suatu sikap p yang timbul dari diri peserta didik tanpa adanya paksaan, berupa perasaan se luar biasa yang ditandai dengan adanya respon, perhatian, konsentrasi, kem dan kesadaran untuk melibatkan diri dalam proses pembelajaran. Penelitia bertujuan untuk mengkaji kesiapan dan antusiasme belajar peserta didik proses pembelajaran lintas minat kimia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan te pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kual dari spradely. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesiapan pe didik dengan rata-rata sebesar 72,3% (baik) dan Antusiasme peserta didik de rata-rata sebesar 71% (baik) di kelas X IIS lintas minat kimia. 2) Hasil obse dan wawancara bertolak belakang dengan hasil angket yang menyatakan ba kurangnya kesiapan (fisik, psikis dan strategi belajar) dan antusiasme (respo konsentrasi, perhatian, kesadaran, kemauan belajar dan keterlibatan diri) be dari peserta didik, karena ada yang berminat dan tidak berminat. 3) Pr pembelajaran lintas minat kimia telah dilaksanakan, akan tetapi ada beberap yang harus diperhatikan diantaranya, Silabus dan RPP disamakan dengan pro peminatan MIPA; Peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi k terutama perhitungan seperti redoks dan hukum dasar kimia; Hasil belajar pe didik dalam PTS semester genap masih rendah belum dapat mencapai KKM 70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesiapan belajar, Antusiasme belajar, Proses pembelajaran lintas minat kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Feb 2019 13:54
Last Modified: 19 Feb 2019 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum