SITI AISAH, NIM. 14670039 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM LINTAS MINAT KELAS XI ILMU-ILMU SOSIAL DI MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM LINTAS MINAT KELAS XI ILMU-ILMU SOSIAL DI MAN 1 YOGYAKARTA)
14670039_BAB I, V, DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (742kB) | Preview |
|
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA KURIKULUM 2013 PADA PROGRAM LINTAS MINAT KELAS XI ILMU-ILMU SOSIAL DI MAN 1 YOGYAKARTA)
14670039_BAB II, III, IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (550kB) |
Abstract
Program lintas minat merupakan program kurikuler dalam Kurikulu 2013 yang disediakan untuk mengakomodasi perluasan minat, bakat, da kemampuan akademik peserta didik dengan orientasi penguasaan kelompok mat pelajaran keilmuan di luar pilihan minat. MAN 1 Yogyakarta merupakan sekola yang telah menerapkan program lintas minat dengan kimia sebagai mata pelajara lintas minat. Tujuan dari penelitian adalah menganalisis implementasi progra lintas minat mata pelajaran kimia di kelas XI peminatan Ilmu-Ilmu Sosial sert kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pembelajaran kimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-komparatif denga pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah Wakil Kepala Madrasah Bidan Kurikulum, Guru Kimia Kelas XI IIS, dan peserta didik kelas XI IIS. Objekny adalah pembelajaran kimia. Metode pengumpulan data dilakukan denga wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untu menganalisis data mengikuti konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, baik triangulas sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penetapan mata pelajaran kimia pad program lintas minat ditentukan atas dasar pertimbangan sumber daya guru kebermanfaatan dan tingkat kemampuan peserta didik. Penerapan program linta minat kimia di kelas XI IIS belum sesuai dengan tujuan program lintas mina xvi karena pemilihannya tidak berdasarkan pada minat peserta didik serta penguasaa materi yang belum sempurna. Kelebihan yang diperoleh dengan adanya linta minat kimia adalah dapat menambah pengetahuan siswa tentang kimia khususny penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kekurangan pembelajaran kimi lintas minat ialah rendahnya motivasi siswa, kesulitan guru dalam menyampaika materi yang bersifat abstrak, dan belum adanya perangkat pembelajaran kimi khusus untuk program lintas minat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Moh Agung Rokhimawan, M.Pd., |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kimia, lintas minat, kurikulum 2013, peminatan, MAN 1 Yogyakarta |
Subjects: | Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1) |
Depositing User: | Drs. Bambang Heru Nurwoto |
Date Deposited: | 19 Feb 2019 14:10 |
Last Modified: | 19 Feb 2019 14:10 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33313 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |