PERLINDUNGAN TERHADAP PENUMPANG ATAS HILANG DAN RUSAKNYA BARANG BAWAAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN DALAM KAJIAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN

ALIADY GENNODY PRONOHOWIJOYO, NIM. 11340096 (2018) PERLINDUNGAN TERHADAP PENUMPANG ATAS HILANG DAN RUSAKNYA BARANG BAWAAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN DALAM KAJIAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN TERHADAP PENUMPANG ATAS HILANG DAN RUSAKNYA BARANG BAWAAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN DALAM KAJIAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN)
11340096_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN TERHADAP PENUMPANG ATAS HILANG DAN RUSAKNYA BARANG BAWAAN PADA MASKAPAI PENERBANGAN DALAM KAJIAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 2009 TENTANG PENERBANGAN)
11340096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (526kB)

Abstract

Saat ini penerbangan merupakan salah satu transportasi yang menjadi primadona bagi masyarakat untuk berpergian sehingga perusahaan penerbangan berlomba-lomba untuk menawarkan jasa kepada konsumen untuk memilih jasa mereka. Namun sebagai pelaku usaha penerbangan kurang memperhatikan keamanan pada barang bawaan penumpang pada bagasi tercatat maupun bagasi kabin. Khusus pada bagasi tercatat yang mana masih banyak muncul di media nasional tentang kehilangan dan atau kerusakan pada bagasi pesawat. Inti pokok masalah yang diangkat yaitu mengkaji Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan apakah sudah sesuai implementasinya ketika penumpang selaku konsumen mengalami kehilangan dan atau kerusakan pada bagasi tercatat maupun bagasi kabin. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis penelitian normatif (legal research) yaitu penelitian yang menekankan sumber informasinya dari literatur hukum, seperti buku-buku yang relevan, dokumen, jurnal, makalah, dan tulisantulisan pada berbagai website yang sesui dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan sebagai objek penelitian. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis yang bertujuan menggambarkan suatu keadaan berupa fenomena penumpang yang mengalami kehilangan dan atau kerusakan pada bagasi tercatat maupun bagasi kabin ketika sedang berpergian menggunakan transportasi udara. Berdasarkan hal tersbut maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dipadukan dengan bahan-bahan hukum dengan Peraturan Perundang-Undangan. Pembahasan dan analisis yang telah dilakukan menghasilkan bahwa setiap penumpang yang mengalami kehilangan dan atau kerusakan barang bawaan pada bagasi tercatat maupun bagasi kabin tidak perlu mengkhawatirkan barangnya karena sudah dilindungi oleh Peraturan Perundang-Undangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Prof. Dr. EUIS NURLAELAWATI, MA 2. Dr. SRI WAHYUNI, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Penumpang, Transportasi Udara, Bagasi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 20 Feb 2019 09:49
Last Modified: 20 Feb 2019 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33334

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum