PEMAKNAAN KOMUNITAS HIJAB QUEEN TERHADAP PESAN FASHION HIJAB PADA PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7

ANGGRAENI PUTRI PRASTINI, NIM. 14210005 (2018) PEMAKNAAN KOMUNITAS HIJAB QUEEN TERHADAP PESAN FASHION HIJAB PADA PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMAKNAAN KOMUNITAS HIJAB QUEEN TERHADAP PESAN FASHION HIJAB PADA PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7)
14210005_BAB-I_IV-atau_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMAKNAAN KOMUNITAS HIJAB QUEEN TERHADAP PESAN FASHION HIJAB PADA PROGRAM DUA HIJAB TRANS 7)
14210005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Dunia hijab kini menjadi gaya hidup yang mulai dilirik banyak orang. Model-model hijab yang simpel dan mudah digunakan membuat para wanita saling berlomba-lomba untuk mempercantik diri dan bergaya dengan hijab. Banyak program acara mengenai hijab bermunculan diberbagai stasiun televisi. Penelitian ini berpusat kepada pemaknaan komunitas Hijab Queen terhadap pesan fashion hijab pada program Dua Hijab Trans 7. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis resepsi yang akan menganalisa pemaknaan komunitas Hijab Queen dalam sebuah film. Dengan menggunakan teori pemaknaan Stuart Hall mengenai encoding-decoding, penelitian ini berfokus pada decoding atau bagaimana khalayak menerima pesan media. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara terstruktur dan dokumentasi. Program Dua Hijab Trans 7 dimulai pada 22 November 2015 dan tayang setiap hari Minggu pukul 09:15 WIB. Program tersebut membahas mengenai fashion hijab yang sedang disukai oleh berbagai kalangan. Setiap episode Dua Hijab Trans 7 memiliki tema yang berbeda-beda, fashion hijab yang disajikan juga berbeda-beda sesuai dengan tema yang sedang dibahas. Hasil penelitian ini didapat dari wawancara terhadap lima anggota komunitas Hijab Queen. Sesuai dengan indikator fashion hijab yaitu warna, aurat, motif, bentuk, dan keseluruhan busana, kelima responden masuk kedalam tiga posisi yang berbeda dalam teori pemaknaan yaitu posisi hegemoni dominan, posisi oposisi, dan posisi negosiasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Evi Septiani TH, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Teori Decoding, Analisis Resepsi, Fashion Hijab
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 21 Feb 2019 08:52
Last Modified: 21 Feb 2019 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum