PEMUDA DAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi Pada Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta)

Eliyah, NIM. 14720009 (2018) PEMUDA DAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi Pada Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMUDA DAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi Pada Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta))
14720009_PRA BAB_BAB 1_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMUDA DAN SOCIAL ENTREPRENEURSHIP (Studi Pada Usaha Ekonomi Produktif Karang Taruna Dipo Ratna Muda Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta))
14720009_BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Karang Taruna sebagai organisasi sosial sebagai lembaga non partisipan memiliki peran vital dalam melakukan mobilisasi kepada para pemuda agar memiliki kesadaran hidup bermasyarakat yang tingi. Dengan melakukan Social Entrepreneurship atau Kewirausahaan sosial menjadi salah satu cara untuk melatih kerja keras dan kemandirian pemuda Karang Taruna Dipo Ratna Muda. Kewirausahaan sosial melihat masalah sebagai peluang untuk membentuk sebuah model bisnis baru yang bermanfaat sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terbentuknya social entrepreneurship atau kewirausahaan sosial dan peran pemuda Karang Taruna Dipo Ratna Muda dalam permasalah sosial di masyarakat Desa Guwosari melalui Usaha Ekonomi Produktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, namun untuk mendapatkan gambaran lebih jelas peneliti juga melakukan observasi langsung ke lapangan dan juga melakukan kegiatan dokumentasi terkait data-data yang mendukung adapun responden informan dalam penelitian ini sebanyak empat belas orang. Penentuan sampel/informan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini secara umum dapat diketahui bahwa proses terbentuknya social entrepreneurship/kewirausahaan sosial Karang Taruna Dipo Ratna Muda melalui Usaha Ekonomi Produktif terdapat beberapa tahapan yaitu dimulai dari penentuan misi sosial dan mengidentifikasi peluang yang dimanfaatkan menjadi sebuah bisnis usaha. Selanjutnya strategi yang digunakan untuk mengembangkan Usaha Ekonomi Produktif adalah dengan melakukan inovasi dan pengambilan resiko agar dapat terus berkembang dan mencapai tujuan. Bagian terakhir dari proses kewirausahaan sosial adalah penciptaan nilai sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Uzair, S.IP.,M.A,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Social Entrepreneurship, pemuda, Karang Taruna Dipo Ratna Muda
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Feb 2019 15:23
Last Modified: 28 Feb 2019 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33476

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum