PERAN AYAH DALAM MENDIDIK KARAKTER-SPIRITUAL ANAK LAKI- LAKI SEBAGAI PILAR MEMBENTUK GENERASI YANG SHALEH (KAJIAN BUKU PROPHETIC PARENTING KARYA DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID)

GUESTI WICHITA ABROR NISA’, NIM. 11470002 (2018) PERAN AYAH DALAM MENDIDIK KARAKTER-SPIRITUAL ANAK LAKI- LAKI SEBAGAI PILAR MEMBENTUK GENERASI YANG SHALEH (KAJIAN BUKU PROPHETIC PARENTING KARYA DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN AYAH DALAM MENDIDIK KARAKTER-SPIRITUAL ANAK LAKI- LAKI SEBAGAI PILAR MEMBENTUK GENERASI YANG SHALEH (KAJIAN BUKU PROPHETIC PARENTING KARYA DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID))
11470002_BAB I ,IV ,DAFTAR PUTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN AYAH DALAM MENDIDIK KARAKTER-SPIRITUAL ANAK LAKI- LAKI SEBAGAI PILAR MEMBENTUK GENERASI YANG SHALEH (KAJIAN BUKU PROPHETIC PARENTING KARYA DR. MUHAMMAD NUR ABDUL HAFIZH SUWAID))
11470002_BAB II, sebelum bab terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian inin bertujuan untuk menjelaskan bahwa generasi yang saleh hanya dapat terbentuk dari anak-anak yang saleh dan mempunyai karakter yang kuat. Karakter dan iman yang kuat akan didapat anak dari orangtua yang mempunyai akhlak dan iman yang kuat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang aplikatif memberikan contoh metode mendidik anak untuk orangtua, guru, lembaga pendidikan, pengelola pendidikan, pelaku kebijakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif ( Qualitative Research) yang bersifat kepustakaan ( Library Research), menggunakan pendekataan Psikologi dan Filosofis Pedagogis, yaitu suatu usaha untuk memahami pengertian-pengertian pada obyek selanjutnya dihubungkan dengan faktor kejiwaan pada anak. Tekhnik pengumpulan data melalui dokumentasi terhadap data primer dari buku Prophetic Parenting karya DR. Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid serta beberapa naskah, dokumen pribadi, serta buku-buku yang berkaitan dengan judul penelitian yang diolah dengan metode Analisis Data atau Isi Dokumen (Content or Document Aanalysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Ayah memiliki peran dan tanggung jawab yang besar pada pembentukan karakter anak didalam keluarga, terutama pada anak laki-laki sosok Ayah akan menjkadi panutan sampai anak dewasa. Kedua, dalam buku Prophetic parenting ada aspek-aspek materi pendidikan yang harus ditanamkan pada diri anak laki-laki yaitu, aspek akidah, ibadah, sosial kemasyarakatan, akhlak, perasaan, jasmani, dan seksual. Kesembilan aspek itu mempunyai hubungan korelatif yang kuat, sehingga satu dengan yang lain saling berhubungan sehingga tidak bisa terpisahkan. Ketiga dalam buku Prophetic Parenting metode yang digunakan untuk mendidik anak laki-laki ada tiga yaitu: Kognif meliputi: menceritakan kisah/ dongeng, dialog, dan berbicara sesuai kadar akal anak. Afektif meliputi: bermain dengan anak, berlomba, memuji dan menyanjung anak, dan Psikomotorik meliputi: menjadi suri tauladan yang baik, mencari waktu yang tepat saat memberi nasehat, bersikap adil pada anak, dan membantu anak dalam mengerjakan ketaatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran Ayah, Pendidikan Anak Laki-laki, Generasi shaleh
Uncontrolled Keywords: Peran Ayah, Pendidikan Anak Laki-laki, Generasi shaleh
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Mar 2019 08:15
Last Modified: 01 Mar 2019 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum