STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA T.A 2017/2018 DALAM PERSPEKTIF GENDER

ZULFA IRNI, NIM: 14420009 (2018) STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA T.A 2017/2018 DALAM PERSPEKTIF GENDER. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA T.A 2017/2018 DALAM PERSPEKTIF GENDER)
14420009_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM ANTARA SANTRI PUTRA DAN SANTRI PUTRI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA T.A 2017/2018 DALAM PERSPEKTIF GENDER)
14420009_BAB II_sampai_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pada prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta jika ditinjau dari perspektif gender. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dan menggunakan pendekatan kombinasi (mixed methods) yang menggabungkan dua metode analisis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Obyek penelitian adalah sebagian santri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes yang mencakup tes Mahārah Al-Kalām. Analisis data yang digunakan adalah analisis Independent T Test (Uji T) serta memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan kemudian diinterprestasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan pada prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil sigifikansi sebesar 0,000, nilai tersebut lebih kecil dari taraf nilai signifikansi sebesar 0,05. Selanjutnya jika dilihat dari perolehan masing-masing mean kedua kelompok santri yaitu santri putra sebesar 79,65 dan santri putri sebesar 89,10, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata Mahārah Al-Kalām santri putra lebih kecil santri putri dengan selisih -9,45. (2) Penyebab terjadinya perbedaan prestasi Mahārah Al-Kalām antara santri putra dan santri putri SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta ditinjau dari perspektif gender, diantaranya (a) Tujuan Pembelajaran Mahārah Al-Kalām secara implisit menunjukkan adanya kepedulian agar santri putra dan santri putri sama-sama dapat memiliki kemampuan berbicara dalam bahasa Arab dengan baik (b) Dalam perlakuan/pendekatan yang diberikan oleh guru kepada santri terdapat kesenjangan yang disebabkan oleh aspek gender dimana guru lebih banyak memberikan perhatian kepada santri putri dibandingkan santri putra sehingga dapat mempengaruhi prestasi atau motivasi santri untuk berprestasi dengan gemilang (c) lingkungan berbahasa dan (d) sikap dan keaktifan santri. Kata kunci: Komparasi, Prestasi, Mahārah Al-Kalām, Gender

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Prestasi, Mahārah Al-Kalām, Gender
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum