EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF AL-TAMṠĪL AL- ṢĀMIT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

UMI KHOFIFAH, NIM : 14420025 (2018) EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF AL-TAMṠĪL AL- ṢĀMIT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF AL-TAMṠĪL AL- ṢĀMIT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420025_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN EDUKATIF AL-TAMṠĪL AL- ṢĀMIT DALAM PEMBELAJARAN MUFRADĀT TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 9 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018)
14420025_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri 9 Bantul Yogyakarta. Oleh karena itu, peneliti mencoba menerapkan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit sebagai sebuah inovasi pemanfaatan media belajar. Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui proses pembelajaran mufradāt dengan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran mufradāt antara kelas eksperimen yang menggunakan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tes dalam penelitian ini meliputi pretest dan posttest. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model pretes, posttest control group design. Obyek yang digunakan adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji independent samples t-test melalui software SPSS 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 65,5 sedangkan nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,88. Sedangkan Uji “t” nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menghasilkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan mufradāt antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Dari hasil analisis semua data, menunjukkan bahwa media permainan edukatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar mufradāt peserta didik kelas VII MTs Negeri 9 Bantul Yogyakarta TA. 2017/2018. Kata Kunci : Media, Permainan Edikatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit , Mufradāt

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohmatun Lukluk Isnaini, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media, Permainan Edikatif Al-Tamṡīl Al- Ṣāmit , Mufradāt
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Mar 2019 07:34
Last Modified: 15 Mar 2019 07:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum