IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) MARGANINGSIH SLEMAN YOGYAKARTA

DWI WINATA HARTIWI, NIM. 14490007 (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) MARGANINGSIH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) MARGANINGSIH SLEMAN YOGYAKARTA)
14490007_BAB I, V DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) MARGANINGSIH SLEMAN YOGYAKARTA)
14490007_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ketertarikan peneliti untuk mengetahui hasil dari manajemen kelas yang dilakukan oleh guru di SMALB Marganingsih Sleman Yogyakarta. Karena pada kenyataannya anak berkebutuhan khusus masing ada yang belum memiliki kemandirian untuk mengurus diri sendiri, dikarenakan orang tua yang belum bisa melatih kemandirian siswa ketika di rumah. Peneliti tertarik meneliti di SMALB Marganingsih karena di SMALB Marganingsih sendiri peserta didik tidak hanya diajarkan pelajaran akademik saja tetapi lebih kepada pelajaran non akademik untuk melatih kemandirian siswa dengan disesuaikan dengan kamampuan yang dimiliki masing-masing peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemandirian siswa SMALB Marganingsih, mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen kelas, serta hasil dari manajemen kelas untuk meningkatkan kemandirian siswa SMALB Marganingsih. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya adalah ABK yang berada di jenjang SMALB Marganingsih, kepala sekolah, guru kelas, guru pramuka, guru seni lukis, waka kurikulum, dan wali murid. Teknik pengumpulan datanya meliputi: wawancara mendalam (In-depth Interview), observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan oleh guru adalah dengan menciptakan iklim belajarmengajar yang tepat, mengatur ruangan belajar, serta mengelola interaksi belajarmengajar siswa hal tersebut dengan pertimbangan disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki siswa. (2) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen kelas adalah berasal dari sekolah, guru dan siswa itu sendiri dan faktor penghambatnya adalah berasal dari guru, sekolah, siswa itu sendiri dan juga orang tua. (3) Hasil kemandirian siswa tidak hanya berdasarkan manajemen kelas di SMALB Marganingsih saja tetapi juga dikarena faktor dari siswa itu sendiri, faktor dari lingkungan keluarga serta interaksi sosial yang dilakukan oleh siswa. Namun secara umum hasil kemandirian siswa sudah meningkatakan kemandirian siswa baik di sekolah maupun di rumah dengan tingkat kemandirian tinggi, sedang dan rendah, hal tersebut sesuai dengan kemampuan masing-masing dan bagaimana faktor yang mempengaruhinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nurrohmah, M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Kemandirian Siswa SMALB Marganingsi
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2019 12:24
Last Modified: 04 Mar 2019 12:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33527

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum