MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 RONGKOP

DESI ANINDA PUTRI, NIM. 14490046 (2018) MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 RONGKOP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 RONGKOP)
14490046_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KURIKULUM EKSTRAKURIKULER TAPAK SUCI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN SISWA SMP MUHAMMADIYAH 1 RONGKOP)
14490046_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah kurangnya disiplin pada diri peserta didik dalam melaksanakan kegiatan non akademik, yaitu kegiatan tapak suci. Tapak suci merupakan kegiatan bela diri yang wajib ada pada sekolah Muhammadiyah. Di SMP Muhamamdiyah 1 Rongkop terdapat delapan ekstrakurikuler wajib dan pilihan. Salah satu esktrakurikuler wajib bagi kelas 7 dan 8 adalah ekstrakurikuler tapak suci. bagi kelas 7 dan 8. Pembentukan karakter kedisiplinan yang dilakukan oleh pelatih tapak suci di sini melalui berbagai hal yaitu konsisten, menghadiahkan pujian, memberikan hukuman, melibatkan peserta didik serta bersikap tegas. Tujuannya agar siswa benar-benar bisa mengikuti peraturan yang telah menjadi kesepakatan bersama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian menganalisis dan mengolah data yang didapat dari lapangan, mulai transkrip dan menginterpretasi data tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Rongkop Gunungkidul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen ekstrakurikuler mampu membentuk karakter kedisiplinan pada siswa dalam ekstrakutrikuler tapak suci. Yaitu dengan adanya landasan kegiatan tapak suci untuk membentuk mental berani pada diri siswa. Kemudian dengan adanya aturan-aturan yang diterapkan serta disepakati oleh seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tapak suci mampu membentuk karakter disiplin untuk hadir tepat waktu, rajin mengikuti kegiatan tapak suci, serta mampu mengikuti apa yang diperintahkan oleh pembimbing dengan baik dan benar. Selain disiplin dalam kegiatan ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Ekstrakurikuler, Tapak Suci, Karakter Kedisiplinan
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 04 Mar 2019 15:45
Last Modified: 04 Mar 2019 15:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33537

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum