STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK HETEROGEN KELAS X DI MAN III SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017 /2018

MUHAMMAD UMAR ALI, NIM: 14420048 (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK HETEROGEN KELAS X DI MAN III SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017 /2018. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK HETEROGEN KELAS X DI MAN III SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017 /2018)
14420048_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK HETEROGEN KELAS X DI MAN III SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017 /2018)
14420048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan strategi pembelajaran yang diterapkan pada kelas X bagi peserta didik heterogen di MAN 3 Sleman, serta asumsi dasar yang melandasi pemilihan strategi-strategi tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik untuk memilih dan menerapkan strategi yang tepat untuk peserta didik mereka dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, objek penelitian ini adalah guru yang mengajar di kelas X IPS 2 dan 3 dan siswa yang ada didalam kelas tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan (a) metode observasi, (b) metode wawancara, dan (c) metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bersifat deskriptif analisis yaitu menjelaskan seluruh konsep yang ada hubungannya dengan pembahasan penelitian yang kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan analisis terhadap penelitian yang dilakukan dikelas X IPS 2 dan 3 strategi yang digunakan guru bagi pembelajaran siswa heterogen adalah: (a) strategi induktif, dan (b) strategi ekspositori, yang mana strategi ini digunakan guru untuk memahamkan siswa yang belum bisa bahasa Arab dimana proses pembelajaran diisi dengan memahamkan dari materi yang khusus ke yang umum dengan penyampaina secara verbal kepada siswa yang heterogen. Sedangkan faktor pendukung yang ada dalam strategi ini adalah: (a) kecakapan guru, (b) fasilitas, (c) media pembelajaran, dan (d) siswa yang mempunyai pemahaman bahasa Arab. Faktor penghambat yang ada dalam strategi ini adalah: (a) keadaan suasana dan tempat, (b) keadaan siswa didalamnya, dan (c) materi yang memberatkan siswa. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran Bahasa Arab, Heterogen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran Bahasa Arab, Heterogen
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Mar 2019 09:16
Last Modified: 20 Mar 2019 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum