IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOPERASI “KOPPI MANIEZ” DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

DEFI ASTUTI HIDAYANTI, NIM. 14490059 (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOPERASI “KOPPI MANIEZ” DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOPERASI “KOPPI MANIEZ” DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14490059 - BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KOPERASI “KOPPI MANIEZ” DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14490059 - BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Koperasi “Koppi Maniez” terletak dibagian pojok selatan wilayah Pondok Pesantren Nurul Ummah putri (PPNU-Pi). Disamping membantu menopang perekonomian pesantren, koperasi Nurul Ummah putri juga sebagai media latihan kemandirian santri dalam bidang emosi, ekonomi, intelektual dan sosial yang menerapkan manajemen dengan tahapantahapan dari planning, organizing, actuating dan controlling. Hal ini dilakukan agar tercapainya suatu tujuan dengan baik sesuai yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi manajemen koperasi “Koppi Maniez” Nurul Ummah putri yakni pertama planning, berawal dari laporan pertanggung jawaban jajaran pengurus Pondok Pesantren Nurul Ummah Putri (PPNU-Pi), pembuatan program kerja, pembagian job description, dan pengembangan usaha koperasi. Kedua organizing, dengan mengefektifkan komunikasi antar anggota, karyawan, pengurus dan pengawas serta mengoptimalisasikan peran anggota dalam pengembangan usaha koperasi. Ketiga Actuating, meliputi: pengkrekrutan anggota baru, menyediakan kebutuhan sehari-hari santri serta paket santri baru, pencatatan bulanan, tri wulan dan tahunan, serta belanja murah pada saat hari PHBI dan PHBN. Keempat controlling, mengadakan diskusi setiap bulan sekali, rapat tiga bulan sekali dan setiap tahun sekali selama satu periode. (2) Hasil dari manajemen Koperasi “Koppi Maniez” dalam membangun kemandirian santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah putri Kotagede Yogyakarta sudah berjalan sesuai dengan program kerja yang telah ada. Kurangnya pengetahuan tentang perkoperasian membuat pengurus kurang terampil dalam menjalankan tugasnya. Meskipun demikian, santri sudah terlihat mampu membangun kemandiriannya dalam segi emosi, ekonomi, intelektual dan sosial. (3) Faktor pendukung yakni adanya dukungan dari pengasuh pondok, masyarakat dan pemerintah, semangat kebersamaan antar sesama pengurus dalam memotivasi, dan tersedianya fasilitas sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yakni kurangnya pengetahuan tentang ilmu perkoperasian, kesibukan antar personal, kurang tegas dalam penganan hutang piutang dan minimnya waktu untuk berdiskusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Edy Yusuf Nur, S.S., M.M., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Koperasi, Pondok Pesantren, Kemandirian Santri.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Mar 2019 08:37
Last Modified: 05 Mar 2019 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/33541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum